4 Ekor Penyu Kembali Ditemukan Mati di Dekat PLTU Bengkulu

Kompas.com - 04/12/2019, 14:06 WIB
Kembali 4 ekor penyu ditemukan mati di dekat PLTU Teluk Sepang, Bengkulu KOMPAS.COM/FIRMANSYAHKembali 4 ekor penyu ditemukan mati di dekat PLTU Teluk Sepang, Bengkulu

BENGKULU, KOMPAS.com - Empat ekor penyu kembali ditemukan mati oleh sejumlah warga di lokasi Pantai Teluk Sepang, Kota Bengkulu.

Keempat penyu itu teronggok mati tak jauh dari lokasi pembuangan air bahang dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), Teluk Sepang, Kota Bengkulu, Rabu (4/12/2019).

Salah seorang warga yang mewanti namanya tak mau disebutkan mengatakan, ia baru saja pulang bekerja melintasi pantai dan menemukan satu ekor penyu. Berjarak 300 meter ia juga menemukan penyu lain mati.

"Saya temukan sore kemarin Selasa (3/12/2019) jam 18.00 WIB. Dua penyu mati, ini untuk kesekian kalinya penyu mati di sekitar pantai Teluk Sepang," kata warga.


Baca juga: Tak Ditemukan Pencemaran Air Penyebab Matinya 5 Penyu dan Ikan di PLTU Bengkulu

Sementara itu, dua penyu lainnya ditemukan juga di sekitar wilayah tersebut, total terdapat 4 bangkai penyu ditemukan. Keempat bangkai penyu tersebut dibawa ke BKSDA untuk diautopsi.

Sebelumnya dalam beberapa pekan terakhir terdapat lima ekor penyu serta ratusan ikan dan cumi ditemukan mati mendadak tak jauh dari lokasi pembuangan air bahang yang digunakan untuk mendinginkan mesin operasi PLTU.

Sejauh ini, 9 penyu telah mati di lokasi tersebut. Saat ditemukan, kondisi penyu dalam keadaan darah di sekitar kepala dan lubang telinga.

Sementara itu Kepala BKSDA Bengkulu, Donal Hutasoit membenarkan empat ekor penyu mati di perairan Bengkulu. Saat ini, pihaknya telah menurunkan tim dokter hewan untuk melakukan penyelidikan.

Baca juga: Perut Penyu yang Mati di Bengkulu Dibedah

Uji lab juga harus dilakukan untuk mendapatkan kesimpulan ilmiah.

"Akan diusahakan uji lab di Bogor untuk mengetahui penyebabnya secara ilmiah," kata Donal.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X