Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Tertutup Longsor, Akses Jalan di Agam Kembali Dilalui Kendaraan

Kompas.com - 03/12/2019, 13:25 WIB
Perdana Putra,
Dony Aprian

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Akses jalan di Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, yang sempat tertutup material longsor pada Senin (2/12/2019) pukul 18.00 WIB, akhirnya dapat dilalui kendaraan.  

Camat Tanjung Raya Handria Asmi mengatakan, petugas yang terdiri dari BPBD, TNI/Polri dan Masyarakat sekitar berhasil membersihkan material longsor yang menutup sebagian ruas jalan selama kurang dari tujuh jam.

"Tim bergerak cepat membersihkan material longsor dengan menggunakan alat berat. Kebetulan kita masih dalam masa tanggap darurat bencana," kata Handria saat dihubungi Kompas.com, Selasa (3/12/2019).

Baca juga: Banjir di Rokan Hulu Belum Surut, Kegiatan Belajar-Mengajar Diliburkan

Selain membersihkan material longsor, kata dia, petugas mengevakuasi satu keluarga yang rumahnya terancam terkena longsor.

"Warga yang dievakuasi tadi malam sudah kembali ke rumahnya. Rumahnya kemasukan lumpur tapi tidak banyak," kata Handria.

Kata dia, petugas tanggap darurat bencana masih bersiaga di lokasi guna mengantisipasi longsor maupun banjir kembali terjadi.

"Tim masih stand by pembersihan sisa-sisa material di jalan dan membantu membersihkan rumah warga yang terkena dampak longsor," pungkasnya.

Baca juga: Banjir dan Tanah Longsor Landa Agam, Akses Jalan Terputus

Diberitakan sebelumnya, banjir dan longsor kembali menghantam Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Senin (2/12/2019) sore sekitar pukul 18.00 WIB.

Akibatnya, akses jalan di Jorong Batunanggai, Tanjung Sani terputus lantaran material longsor menutupi badan jalan..

Saat ini Kabupaten Agam masih ditetapkan status tanggap darurat terhadap bencana banjir bandang dan longsor hingga 5 Desember mendatang.

Kejadian itu menyebabkan 13 rumah, 1 madrasah, dan 1 masjid rusak. Selain itu akses jalan terputus akibat material longsor menutupi jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com