Kisah Dokter di Aceh Utara Berupaya Menjaring Pengidap HIV/AIDS, Beri Tes hingga Layanan Konseling Sukarela

Kompas.com - 02/12/2019, 17:45 WIB
Direktur Rumah Sakit Umum Cut Meutia Aceh Utara, Nurhaida dalam acara peringatan hari Aids dunia, di Rumah Sakit Umum Cut Meutia, Aceh Utara, Minggu (1/12/2019) KOMPAS.com/MASRIADI Direktur Rumah Sakit Umum Cut Meutia Aceh Utara, Nurhaida dalam acara peringatan hari Aids dunia, di Rumah Sakit Umum Cut Meutia, Aceh Utara, Minggu (1/12/2019)

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Direktur Rumah Sakit Umum Cut Meutia (RSUCM) Aceh Utara, Nurhaida, gencar mendeteksi penderita HIV/AIDS di Kabupaten Aceh Utara.

Lewat layanan konseling tes sukarela dan dukungan serta pengobatan di rumah sakit pelat merah itu.

Tahun ini, wanita paruh baya yang akrab disapa Ida itu mendeteksi menjaring 1.060 pasien tes sukarela. Dari jumlah itu diketahui 17 pasien dinyatakan positif HIV/AIDS.

“Empat diantaranya sudah meninggal dunia,” kata Ida, Senin (2/12/2019).

Sehari sebelumnya, peringatan hari AIDS dunia juga digelar di rumah sakit itu.

Dia mengisahkan, rumah sakit itu menjadi rumah sakit rujukan antiretroviral (ARV), obat memperlambat virus mematikan itu tahun 2016 silam.

Awalnya, hanya sebatas poliklinik yang menangani HIV/AIDS tahun 2008 silam.

Baca juga: Minim Pengetahuan Bikin Masyarakat Salah Persepsi soal Pengidap AIDS

Jadi rujukan layanan obat ARV

“Sekarang kita tangani bukan sebatas pasien Aceh Utara, namun sejumlah kabupaten/kota yang memerlukan terapi antiretroviral (ARV) juga kita layani di sini,” katanya.

Bagi lulusan magister Institutto Superiode, Sanita, Italia itu, deteksi dini (screening) penderita HIV/AIDS harus segera dilakukan.

Agar penderit segera diketahui, diberi obat dan diberi pendampingan.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X