Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Banjarnegara Berharap Jalur KA Purwokerto-Wonosobo Dihidupkan Lagi

Kompas.com - 02/12/2019, 11:07 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, meminta pemerintah pusat untuk menghidupkan transportasi kereta api (KA) dari Purwokerto hingga Wonosobo.

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengatakan, keberadaan KA sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Banjarnegara dan sekitarnya.

"Harapan kami Banjarnegara bisa dibuatkan jalan KA untuk menunjang ekonomi dan transportasi. Sekarang jalan raya sudah padat sekali, sudah layak dibuatkan jalur KA lagi," kata Budhi saat dihubungi, Senin (2/12/2019).

Baca juga: Bupati Minta Kepala Desa Terpilih di Banjarnegara yang Sempat Hilang Dites Urine

Budhi mengusulkan, pemerintah membangun jalur KA baru. Pasalnya jalur lama yang melintasi Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara dan Wonosobo, kondisinya tidak memungkinkan diaktifkan kembali.

"Kami serahkan ke pusat (jalur baru atau revitalisasi jalur lama). Harapan jalur baru, karena jalur lama banyak sekali yang berada di pinggir jalan raya, nanti malah repot," ujar Budhi.

Lebih lanjut Budhi mengatakan, akan berkomunikasi dengan pemangku kepentingan di kabupaten tetangga.

"Kami sudah pernah berbincang-bincang dengan Pak Bupati Banyumas, rencana mau berkumpul (dengan bupati lain) untuk menghadap ke kementerian supaya dialokasikan pembangunan jalur KA sampai Wonosobo," kata Budhi.

Baca juga: Kapan Reaktivasi Jalur Kereta Api Banjar-Pangandaran Dimulai?

Menurut Budhi, usulan tersebut juga disuarakan melalui anggota DPR RI Komisi 5 dari wilayah Daerah Pemilihan (Dapil) 7 Jawa Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com