Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Anjasmoro Diluncurkan, Layani Perjalanan Jombang-Jakarta Per 1 Desember 2019

Kompas.com - 02/12/2019, 08:33 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Khairina

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan KA Anjasmoro untuk melayani penumpang kereta api relasi Jombang-Jakarta pada Minggu (1/12/2019) malam.

KA Anjasmoro yang resmi beroperasi per tanggal 1 Desember 2019 ini memiliki relasi Jombang-Pasarsenen (PP).

Kereta malam untuk keberangkatan dari Jombang ini memiliki rute perjalanan melewati Solo-Jogja-Purwokerto-Cirebon.

Vice President PT KAI Daop 7 Madiun Wisnu Pramodyo mengatakan, Kereta Api Anjasmoro merupakan kereta baru produksi dalam negeri yang menyediakan kelas Eksekutif dan Ekonomi.

Baca juga: Jalur Ganda Kereta Api Difungsikan, Antisipasi Lonjakan Penumpang Natal dan Tahun Baru

KA Anjasmoro menyediakan 584 tempat duduk dengan formasi 4 gerbong kereta Eksekutif dan 4 gerbong kereta Ekonomi 80 tempat duduk.

Kereta ini juga menyediakan 1 gerbong kereta ekonomi untuk penyandang disabilitas dengan jumlah 64 tempat duduk. Selain itu, KA Anjasmoro juga dilengkapi dengan 1 kereta makan.

Wisnu mengatakan, peluncuran KA Anjasmoro diharapkan bisa memfasilitasi masyarakat pengguna jasa kereta api kelas ekonomi untuk rute perjalanan jarak jauh.

Peluncuran KA Anjasmoro dengan start perjalanan dari Stasiun Kereta Api Jombang tersebut juga diharapkan bisa memfasilitasi masyarakat Jombang yang seringkali tidak kebagian tiket saat akan menggunakan jasa kereta api untuk perjalanan Jombang ke Jakarta.

"Berdasarkan data yang kami miliki, banyak penumpang kelas ekonomi. Harapan kami, KA Anjasmoro yang menyediakan kereta Eksekutif dan Ekonomi ini bisa menjadi pilihan untuk perjalanan masyarakat Jombang dan sekitarnya," kata Wisnu, saat diwawancarai usai peluncuran KA Anjasmoro yang dihadiri Kompas.com, Minggu malam.

KA Anjasmoro relasi Jombang - Pasarsenen berangkat pukul 21.40 WIB dan tiba pukul 10.47 WIB.

Sebaliknya, untuk relasi Pasarsenen – Jombang, KA Anjasmoro berangkat pukul 05.25 WIB dan tiba pukul 17.35 WIB.

PT KAI memberlakukan tarif seperti KA pada umumnya yaitu tarif batas atas kelas Eksekutif Rp 770.000 dan tarif batas bawah kelas Eksekutif Rp 190.000.

Lalu, untuk tarif batas atas kelas Ekonomi 470.000 dan tarif batas bawah kelas Ekonomi Rp 140.000 karena untuk KA Anjasmoro ini kategori KA kelas komersial atau tanpa subsidi dari pemerintah.

Baca juga: Catat, Jadwal Perjalanan Kereta Api di Purwokerto Berubah Mulai 1 Desember 2019

Bupati Jombang Jawa Timur Mundjidah Wahab yang hadir dalam acara peluncuran KA Anjasmoro relasi Jombang-Jakarta, berharap peluncuran kereta api baru tersebut bisa berkontribusi pada peningkatan kunjungan masyarakat dari luar daerah ke Kabupaten Jombang.

Dia meyakini, KA Anjasmoro yang resmi diluncurkan per 1 Desember 2019, akan sangat membantu masyarakat Jombang untuk bepergian, sesuai dengan rute perjalanan dari Jombang hingga Pasar Senen, Jakarta.

Kehadiran KA Anjasmoro, lanjut Mundjidah, diyakini bisa memfasilitasi ribuan santri di sejumlah Pondok Pesantren di Jombang, baik saat akan mudik ataupun pulang ke kampung halaman saat liburan pondok.

"Tadi kita meresmikan dan meluncurkan perjalanan perdana Kereta Api Anjasmoro. Harapan kami ini bisa menambah kunjungan wisata ke Jombang. Lalu yang sangat penting juga, setiap tahun, setiap liburan, ribuan santri itu pulang naik kereta api. Kereta api Anjasmoro ini sudah pasti sangat diperlukan," ujar Mundjidah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com