Waspada Gelombang Tinggi 4 Meter Terjadi di Sangihe dan Talaud

Kompas.com - 01/12/2019, 21:28 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kantor Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) kembali mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang sedang melanda wilayah Kepri. Bahkan saat ini BMKG juga mengeluarkan himbauan peringatan dini gelombang tinggi hingga 3 meteran. KOMPAS.COM/HADI MAULANABadan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kantor Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) kembali mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang sedang melanda wilayah Kepri. Bahkan saat ini BMKG juga mengeluarkan himbauan peringatan dini gelombang tinggi hingga 3 meteran.

MANADO, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung, Sulawesi Utara, telah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Ricky Daniel Aror mengatakan gelombang tinggi 2,5 sampai 4 meter berpeluang terjadi di tiga wilayah, yakni Perairan Kepulauan Sangihe, Talaud, dan Laut Maluku bagian utara.

"Kondisi ini diperkirakan hingga, Selasa mendagang," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Ricky, Minggu (1/12/2019).

Baca juga: Gelombang Tinggi Capai 3 Meteran, BMKG Warning Tranportasi Laut

Selain itu, Laut Sulawesi bagian timur, Perairan Kepulauan Sitaro, Bitung sampai Likupang, Periaran Selatan Sulawesi Utara, dan Laut Maluku bagian selatan, berpeluang terjadi gelombang 1,25 sampai 2,5 meter.

Dia menghimbau kepada warga untuk mewaspadai risiko gelombang tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

Dikatakan Ricky, untuk perahu nelayan mewaspadai jika kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Kapal tongkang kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter.

Baca juga: BMKG Peringatkan Gelombang Tinggi di Perairan Kepri Selain Kabut Asap

Sedangkan, lanjutnya, kapal Ferry apabila kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

Sementara itu, kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar apabila kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter.

"Masyarakat dan kapal-kapal yang aktivitas di daerah yang tercantum dalam daftar peringatan dini di atas harap mempertimbangkan kondisi tersebut," tutur Ricky.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X