Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Montir Motor asal Pinrang Gagal Terbang

Kompas.com - 01/12/2019, 13:23 WIB
Suddin Syamsuddin,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

PINRANG, KOMPAS.com - Pesawat model ultralight buatan montir Chaerul, warga Langga, Kelurahan Pallameang, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, setelah dilakukan uji coba terbang, di Lapangan Malimpung, Kecamatan Patang Panua, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, gagal terbang.

Baca juga: Pesawat Buatan Montir Motor asal Pinrang Uji Coba Terbang

Pesawat itu hanya bisa terbang setinggi 10 sentimeter. Diuji bekas pangkalan terbang di Malimpung, Kecamatan Patang Panua, pesawat buatan Chaerul malah miring ke kiri.

"Setelah dilakukan uji coba terbang, pesawatnya selalu berat pada sayap kiri," kata Chaerul, Minggu (1/12/2019).

Hari ini, kata Caherul, dari hasil uji coba dirinya mengambil kesimpulan bahwa pesawatnya masih perlu beberapa pembenahan pada sejumlah bagian, termasuk pada sayap.

Baca juga: Penasaran Rasanya Naik Pesawat, Montir Motor Ini Rakit Pesawat Sendiri

Mantan penerjun Kopassus Kapten Halid, yang selalu mendampingi Chaerul, Juga mengambil kesimpulan yang sama. Tim pesawat buatan Chaerul akan melakukan pembenahan.

"Dari hasil uji terbang, kami akan melakukan revisi. Uji coba tadi yang gagal terbang,  termasuk pada Chaerul jadi pilot, belum terlalu menguasai cara terbang pesawat," kata Halid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com