Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Emil: 60 Persen Perhatian Pemprov Jabar Tertuju ke Pembangunan Desa

Kompas.com - 30/11/2019, 14:02 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengungkapkan 60 persen perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar tertuju pada pembangunan Desa.

Hal itu dia katakan saat menghadiri Seminar Desa Tertib Administrasi Menuju Jabar Juara Lahir Batin dan Musayawarah Daerah (Musda) IV DPD Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Jabar di Hotel Grand Preanger, Bandung, Jumat (29/11/2019).

Diungkapannya, pemerintahannya bersama Uu Ruzhanul Ulum memang fokus pada pembangunan desa, salah satunya agar ketimpangan sosial antara masyarakat pedesaan dan perkotaan tergerus.

"Semangat program Desa Jabar tidak basa-basi, semuanya bermuara pada akselerasi ekonomi," kata Emil, sebutan akrabnya.

Dia pun berharap, berbagai program akselerasi yang selama ini dibuat bisa berdampak positif dan dirasakan semua masyarakat pada 2020.

Baca juga: Ridwan Kamil Kirim 110 Anak Muda ke Desa Tertinggal di Jabar

"Saya punya harapan pada akhir 2020 akselerasi ini menghadirkan perubahan," katanya seperti keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Pemprov Jabar sendiri sudah meluncurkan inovasi bernama Desa Juara yang memiliki tiga pilar, yakni digitalisasi layanan desa, One Village One Company (OVOC), dan Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa).

Dari tiga pilar tersebut ada sederet program, seperti Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Jembatan Gantung Desa (Jantung Desa), Jalan Mulus Desa, Sapa Warga, dan sejumlah program lainnya.

Pada 2019, Pemprov Jabar sudah membangun 23 Jantung Desa yang tersebar di beberapa kabupaten. Pembangunan ini dimaksudkan untuk mempermudah akses sekolah dan memperbaiki konektivitas antar desa.

Baca juga: Pesan Jokowi untuk Para UMKM di Jawa Barat

Di sektor perikanan, sejumlah 1.039 kolam yang menggunakan teknologi smart auto feeder. Lewat teknologi itu, memberi pakan ikan bisa menggunaka gawai.

Dampaknya, panen bisa naik dari dua menjadi empat kali dalam setahun. Persentase pendapatan pun melonjak sekira 30 sampai 100 persen.

Dengan koneksi internet yang lancar, pemasaran ikan pun dapat dilakukan secara online.

Dinobatkan sebagai Gubernur Desa

Sementara itu, para kepala desa yang tergabung dalam Apadesi Jabar menobatkan Ridwan Kamil sebagai Gubernur Desa.

Penobatan tersebut didasarkan atas inovasi dan akselerasi pembangunan desa yang dilakukan pemerintahannya.

Apdesi sendiri memberikan predikat tersebut setelah melalui rapat pleno yang dihadiri Apdesi Kabupaten se-Jabar dan Sekretaris Umum Apdesi Pusat.

Ketua APDESI Jabar Enjoy Rizki menyatakan, program desa yang diluncurkan Pemerintah Provinsi Jabar tepat sasaran.

Baca juga: Ridwan Kamil: Orangtua Jangan Bangga Anak Bisa Main Ponsel Sejak Kecil

"Saya melihat bantuan-bantuan ke desa, dan banyak program-program, beberapa desa baik status jadi desa mandiri, ada juga desa yang berkembang jadi desa wisata," kata Enjoy.

Enjoy juga berharap pembangunan desa di Jabar berjalan cepat dan lancar. Jika itu terealisasi, dia optimis kesejahteraan masyarakat desa akan terus meningkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com