Kawanan Harimau Masuk Perkebunan, 5 Sapi Warga Tewas

Kompas.com - 30/11/2019, 13:27 WIB
Harimau sumatera Atan Bintang berada di PRHSD di sumatera Barat untuk menjalani observasi. Harimau ini sebelumnya dievakuasi dari kolong ruko pasar di Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau. Dok. BBKSDA Riau dok.BBKSDA RIAUHarimau sumatera Atan Bintang berada di PRHSD di sumatera Barat untuk menjalani observasi. Harimau ini sebelumnya dievakuasi dari kolong ruko pasar di Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau. Dok. BBKSDA Riau

ACEH UTARA, KOMPAS.com - Kawanan harimau Sumatera masuk ke perkebunan milik warga Desa Leubok Pusaka, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (29/11/2019).

Lima sapi milik warga tewas digigit oleh hewan tersebut.

Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Utara dan Lhokseumawe, Kamarudzaman, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (30/11/2019) menyebutkan, sapi itu milik Paimin dan Mahmud.

“Kami sudah cek lokasi kejadian. Jaraknya sekitar 5 kilometer dari hutan lindung,” katanya.


Baca juga: Seekor Harimau Sumatera Muncul di Dekat Pipa Minyak Perusahaan di Riau

Menurut warga, sambung Kamarudzaman, harimau mulai terlihat di kawasan penduduk pada September lalu. Belakangan, harimau juga memangsa hewan ternak milik warga.

“Untuk sementara kami imbau warga melakukan patroli jika malam hari. Warga meminta harimau tersebut diusir ke kawasan hutan. Kami akan mendatangkan pawang untuk mengusirnya,” sebutnya.

Dia menyebutkan, harimau sumatera merupakan satwa yang dilindungi. Dia menyebutkan, jumlah harimau sumatera semakin sedikit seiring maraknya perburuan terhadap satwa tersebut.

“Senin kita usahakan sudah sampai pawang dan melakukan pengusiran,” pungkasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X