Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkopolhukam Mahfud MD Temukan Fakta Baru soal Papua

Kompas.com - 30/11/2019, 11:28 WIB
Dhias Suwandi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Menkopolhukam Mahfud MD melakukan pertemuan dengan tokoh-tokoh Papua, di Kota Jayapura, Sabtu (30/11/2019).

Dalam pertemuan tersebut, Mahfud MD mendengarkan aspirasi para tokoh terkait dengan proses rekonsiliasi dan rekontrksi pembangunan di Papua, pasca-rusuh di Jayapura dan Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Mahfud MD yang didampingi Wakil Menteri PUPR Wempi Wetipo dan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal mengaku banyak mendapatkan fakta baru terkait penanganan masalah di Papua.

"Ternyata banyak hal yang selama ini belum menjadi berita di media yang sebenarnya penting kita olah di Jakarta," ujar Mahfud MD.

Baca juga: Kronologi TNI Kontak Senjata dengan KKB di Nduga Papua

Menurut dia, keinginan para tokoh untuk mengatasi berbagai masalah di Papua patut diapresiasi dan direspons dengan cepat.

Hal tersebut karena mereka menginginkan pemerintah lebih mengedepankan cara-cara persuasif.

"Misalnya pendekatan yang lebih komperhensif dan humanis, seperti masalah KKR, pemberdayaan masyarakat adat, pemerataan pembangunan ekonomi," kata dia.

Mahfud MD memastikan bahwa situasi di Papua jauh lebih kondusif dibandingkan dengan apa yang tergambar melalui berbagai pemberitaan di media.

"Selama ini di pemberitaan selalu ributnya saja yang muncul, tadi bagus karena semuanya punya semangat untuk maju bersama dan pendekatannya banyak ke sisi sosial, budaya dan kesejahteraan," tuturnya.

Baca juga: Jelang HUT OPM, Menko Polhukam Mahfud MD Kunjungan Kerja ke Papua

Usai pertemuan tersebut, Mahfud MD diagendakan kembali melakukan pertemuan dengan tokoh pemuda dan mahasiswa Papua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com