Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Wali Kota Tegal Jumadi Dukung Pemangkasan Eselon

Kompas.com - 30/11/2019, 10:00 WIB
Tresno Setiadi,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

TEGAL, KOMPAS.com - Wakil Wali Kota Tegal, Jawa Tengah, Muhamad Jumadi mengaku mendukung wacana Presiden Joko Widodo yang akan memangkasan jabatan eselon III dan IV.

Menurutnya, meski perubahan manajemen itu sulit, namun tetap bisa dilaksanakan. Apalagi dengan dengan adanya pemangkasan bakal muncul pakar fungsional.

"Saya oke saja (mendukung). Tinggal bagaimana mekanismenya nanti. Karena ini bagus juga biar fokus sebagai fungsional, begitu kan?" kata pasangan Wali Kota Dedy Yon Supriyono, Jumat (29/11/2019).

Baca juga: Kemenkeu Pangkas Eselon III dan IV, Ini Rinciannya

Menurut MJ, sapannya, dengan semakin banyak dan fokusnya kinerja pejabat fungsional, justru bakal muncul pejabat fungsional yang ahli dan mampu bekerja cepat.

Bekerja cepat artinya, pejabat fungsional bisa bekerja tanpa harus menunggu instruksi atasan, karena secara fungsi menjadikan Aparatur Sipil Negara (ASN) itu harus segera bergerak.

"Nanti akan muncul functional expert, untuk mempercepat semua pekerjaan. Dan solusinya (pekerjaan) menjadi cepat, itu harapannya," kata MJ.

"Kita juga bakal merubah mindset ASN. Meski perubahan manajemen itu berat, tapi tetap bisa dilakukan," sambungnya.

Baca juga: Jokowi Ganti Eselon III dan IV dengan AI, Ridwan Kamil Buat Kajian

Dia menambahkan, di era teknologi apalagi menuju Society 5.0, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pemimpin, termasuk dirinya.

"Saya sih setuju saja, dan ini tantangan buat leader (pimpinan) bisa tidak mereka merubah mindset ASN dan melakukan perubahan manajemen," pungkasnya.

Kompas TV Presiden Joko Widodo akan melakukan pengurangan eselon, Eselon III dan Eselon IV akan dipotong. Presiden Joko Widodo juga telah memerintahkan kepada menteri pemberdayaan aparatur negara dan reformasi birokrasi untuk mengganti dengan AI (<em>artificial intelligence</em>). Presiden Joko Widodo yakin dengan penggunaan AI (<em>artificial intelligence</em>) akan mempercepat birokrasi. Namun rencana ini semua bergantung dari lolosnya <em>Omnibus Law</em> yang diajukan ke DPR RI. #PresidenJokoWidodo #ArtificialIntelligence #Kompas100CEOForum
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com