Duduk Perkara Pembunuhan Pria di Banyumas, Berawal dari Mobil Rental yang Digadaikan

Kompas.com - 29/11/2019, 12:17 WIB
Ungkap kasus pembunuhan berencana di Mapolresta Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (28/11/2019). KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAINUngkap kasus pembunuhan berencana di Mapolresta Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (28/11/2019).
Editor Rachmawati

KOMPAS.com - Hartoyo (36) warga Desa Jatisawit, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes menyewa sebuah mobil Avanza pelat nomor G 9002 LG dari seseorang.

Mobil tersebut kemudian digadaikan oleh Hartoyo kepada Fuji Marseno (27) warga Desa Pancurendang, Kecamatan Ajibarang, Banyumas sebesar Rp 25 juta.

Dua puluh hari berjalan. Kamis (21/11/2019), pemilik menelpon Hartoyo dan meminta agar mobilnya segera dikembalikan.

Paling lambat, Hartoyo harus mengembalikan mobilnya pada Jumat (22/11/2019) malam.

Baca juga: Pelaku Pembunuhan Berencana di Banyumas Berkali-kali Gadaikan Mobil Rental untuk Bayar Utang

Jumat pagi, Hartoyo pun menemui Fuji di rumahnya untuk meminjam mobil yang dia gadaikan untuk membawa rombongan.

Namun istri Fuji melarang mobil tersebut dibawa karena Hartoyo baru membayar bunga Rp 2 juta dari total bunga Rp 2,5 juta.

Jumat sore Hartoyo kembali datang ke rumah Fuji agar dizinkan meminjam mobil. Istri Fuji pun mengizinkan dengan syarat suaminya ikut bersama Hartoyo.

Mereka berangkat berdua. Saat di Jatilawang, Hartoyo meminta Fuji yang sedang menyopir menghentikan mobil dengan alasan ada keluarga yang akan menumpang.

Baca juga: Motif Pembunuhan Berencana di Banyumas, Pelaku Ingin Ambil Mobil Rental yang Telah Digadaikan

Saat itulah Hartoyo yang berada di jok belakang menjerat leher Fuji  hingga tewas dengan kabel aux yang sudah disiapkan. Mayat Fuji kemudian dibuang dari atas Sungai Mbawang.

Ia pun mengambil uang milik Fuji lalu mengembalikan mobil tersebut kepada pemiliknya.

"Korban merupakan korban pembunuhan berencana. Penyidik dari satreskrim berhasil mengungkap kasus ini dalam tiga hari dan menangkap pelaku," kata Wakapolresta Banyumas Kompol Davis Busin Siswara pada Kamis (28/11/2019).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X