Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPRD NTT Dukung Agnez Mo Lawan Kriminalisasi Status WNI

Kompas.com - 29/11/2019, 07:13 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Anggota DPRD Nusa Tenggara Timur (NTT) Boni Jebarus mendukung penyanyi Agnez Monica atau Agnez Mo untuk melawan kriminalisasi status Warga Negara Indonesia (WNI).

Dukungan Boni itu, setelah dirinya menyimak perdebatan dan komentar terkait wawancara Agnez Mo dengan program BUILD Series di New York, Amerika Serikat, yang menyulut komentar miring dan mempertanyakan nasionalisme Agnez Mo.

Boni meminta, elit politik berhenti menari di atas spontanitas emosi publik. 

"Elit politik dan tokoh nasional serta selebriti sekalipun coba menyelami lebih dalam maksud Agnez menyampaikan hal tersebut. Agnez ingin mengatakan bahwa Indonesia boleh berbangga atas Bhinneka Tunggal Ika," kata Boni kepada Kompas.com, Kamis (28/11/2019).

Sebab, dari berbagai ras dan suku bangsa yang hidup di Indonesia lanjut Boni, bisa hidup dan menggapai cita setinggi langit.

Agnez dan banyak yang lainnya telah membuktikan kebhinekaan Indonesia itu di tingkat internasional.

Baca juga: Ditjen Imigrasi Pastikan Agnez Mo Berstatus Warga Negara Indonesia

Nasionalisme Agnez Mo

Soal DNA itu kata Boni, sesuatu yang "given". Soal kebangsaan itu pilihan. Silsilah keluarga dan Agnez sendiri sudah membuktikan nasionalismenya.

Menurut Boni, walau Agnez sudah terkenal hingga dunia internasional, tetapi tak pernah mengungkapkan niatnya untuk pindah kewarganegaraannya.

"Jadi kami berharap, para politisi, praktisi hukum, artis dan masyarakat umum hentikan polemik ini. Kami berharap Agnes menjelaskan ke publik maksudnya, supaya tidak ditangkap sepotong-sepotong,"kata Boni.

Boni berharap, Agnez Mo bisa lawan kriminalisasi itu dengan cara bermartabat.

"Jangan ikut genderang dan cara mereka. Beri pipi kananmu, jika kiri pernah ditampar. Sabar, kuat dan tegar," kata Boni.

Baca juga: Agnez Mo Dikecam gara-gara Mengaku Tak Berdarah Indonesia, Moeldoko Membela

Viral

Sebelumnya, penyanyi Agnez Mo menjadi buah bibir karena kontroversi ucapannya dalam wawancara dengan program BUILD Series di New York, Amerika Serikat.

Saat itu, Agnez melontarkan pernyataan bahwa ia mengaku tidak memiliki darah Indonesia sama sekali, melainkan dia adalah keturunan Jerman, Jepang, dan China.

Pernyataan itulah yang dianggap kontroversial.

Cuplikan wawancara pada bagian tersebut kemudian beredar di media sosial Indonesia dan menimbulkan kecaman terhadap Agnez Mo. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com