Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Masjid Megah di Tengah Hutan Gowa, Dibangun Pengusaha Dermawan di Kebun Kopi Seluas 5 Hektare

Kompas.com - 29/11/2019, 06:30 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - Masjid megah di tengah hutan di Dusun Langkoa, Desa Bontoloe, Kecamatan Kecamatan Bontolempangang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, viral di media sosial.

Dari Kota Makassar dibutuhkan waktu tiga jam untuk ke lokasi masjid tersebut dan harus melewati perkampungan penduduk, hutan pinus serta tebing bekas longsoran yang melanda Kabupaten Gowa beberapa tahun lalu.

Jalan menuju ke masjid tersebut bisa dilalui dengan kendaraan roda empat. Masjid tersebut berada di kaki Gunung Lompobattang.

Saat Kompas.com mendatangi lokasi tersebut pada Selasa (26/11/2019) terlihat bahwa masjid tersebut didominasi warna kuning keemasan dan warna putih.

Pemilik kebun memberi nama wilayahnya dengan nama Nirmala Bukit Celebes.

Baca juga: Cerita di Balik Masjid Megah di Tengah Hutan yang Viral, Dulunya Berdiri Batu Raksasa yang Dipuja Warga

Berikut 5 fakta masjid megah di tengah hutan di Gowa:

 

1. Didirikan Puang Busli, pengusaha kopi

Ilustrasi kopimerc67 Ilustrasi kopi
Dilansir dari tribunnews.com, masjid yang memiliki 12 kubah tersebut didirikan Puang Busli (70) pengusaha kopi asal Kabupayen Wajo, Sulawesi Selatan.

Selain pengusaha kopi, Puang Busli juga disebut memiliki beberapa usaha di Papua.

Ia mendirikan masjid yang masih belum diberi nama itu pada tahun 2008 lalu dan rencananya akan diresmikan pada tahun 2021 nanti.

Menurut keterangan Puang Busli, masjid tersebut dirikan untuk tempat salat karyawan di kebun kopinya yang mencapai 30 orang.

Baca juga: Diancam Badik, Mahasiswi Asal Gowa Jadi Korban Pelecehan Kenalan di Facebook

Bahkan, masjid tersebut beberapa kali digunakan untuk salat Tarawih di bulan Ramadhan oleh pekerja kebun kopi dan warga setempat.

Lahan tempat masjid didirikan seluas lima hektar beli Puang Busli dari almarhum Haji Tayang, kepala desa di wilayah itu beberapa tahun yang lalu,

"Lahan ini dulu saya beli dari pemiliknya dan sekarang saya serahkan kepada anak saya termasuk dalam sertifikat atas nama anak saya," kata Puang.

Baca juga: Lahirkan Banyak Pahlawan Nasional, Gowa Jadi Suri Teladan Daerah Lain

 

2. Bukan di hutan, tapi di ujung kampung

Sebuah masjid megah viral di media sosial. Masjid tersebut disebut berada di tengah hutan, Sejatinya, masjid tanpa nama itu berlokasi di Dusun Langkoa, Desa Bontoloe, Kecamatan Bontolempangang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa, (26/11/2019).KOMPAS.com/ABDUL HAQ Sebuah masjid megah viral di media sosial. Masjid tersebut disebut berada di tengah hutan, Sejatinya, masjid tanpa nama itu berlokasi di Dusun Langkoa, Desa Bontoloe, Kecamatan Bontolempangang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa, (26/11/2019).
Masjid tersebut sebenarnya tidak benar-benar di tengah hutan, tapi di tengah kebun kopi milik Puang Busli yang berada di ujung perkampungan tepatnya di kaki Gunung Lompobattang.

Kebun kopi milik Puang Busli diberi nama Nirmala Bukit Celebes.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com