Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lereng Gunung Wilis Kembali Terbakar

Kompas.com - 26/11/2019, 10:46 WIB
M Agus Fauzul Hakim,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KEDIRI, KOMPAS.com- Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di areal kawasan lereng Gunung Wilis di wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Petugas gabungan diturunkan mengatasi kebakaran itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri Randi Agata mengatakan, sedikitnya ada 25 personel gabungan dari berbagai elemen yang sudah berangkat ke lokasi kejadian.

"Pagi tadi personel berangkat," ujar Randi Agata, Selasa (26/11/2019).

Randi mengungkapkan, kebakaran itu terjadi di lahan Perhutani petak 107 dan 108 yang masuk wilayah Desa Parang Kecamatan Banyakan.

Baca juga: Masih Ada Titik Api di Lereng Gunung Wilis

Api terpantau sejak Senin (25/11/2019) sore sekitar pukul 17.30 wib. Yaitu bermula saat Sugeng, seorang mandor sadap melihat kepulan asap di wilayah itu lalu melaporkannya kepada KRPH.

Namun saat itu belum bisa langsung dilakukan pemadaman karena waktu sudah mulai malam juga jarak tempuh yang cukup jauh. Mencapai 3 hingga 4 jam perjalanan dari pos terdekat.

"Pemadaman mulai dilakukan pagi ini," pungkasnya.

Sebelumnya, selama kemarau, kebakaran di lereng Gunung Wilis itu sudah terjadi beberapa kali. Penyebabnya diduga karena ulah para pemburu hewan liar. 

Baca juga: Lereng Gunung Wilis Terbakar Diduga Ulah Pemburu Hewan Liar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com