Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Khofifah soal Peringatan Hari Guru Nasional

Kompas.com - 25/11/2019, 18:09 WIB
Ghinan Salman,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebut bahwa peran guru amat penting dalam mewujudkan sumber daya manusia yang unggul menuju Indonesia maju pada 2045.

Pada peringatan Hari Guru Nasional hari ini, Senin (25/11/2019), Khofifah menyampaikan bahwa masa depan Indonesia perlu didukung peran guru.

"Guru harus jadi sumber spirit bagi muridnya. Tidak akan tercapai Indonesia unggul, bangsa yang berkemajuan, jika tidak dimulai dari guru," kata khofifah.

Baca juga: Di Hari Guru, SBY Justru Dapat Ucapan Terima Kasih

Menurut Khofifah, semangat mulia serta dorongan para guru yang tak lelah mendidik pelajar diyakini mampu meningkatkan inovasi dan kreativitas siswa.

Hal yang tak kalah penting, menurut Khofifah, adalah pengembangan kemampuan para siswa.

Khofifah meminta para guru untuk terus membuat terobosan-terobosan yang signifikan dalam pengembangan SDM.

"Itulah kenapa skill menjadi kritis dan penting saat ini. Kita melihat tahun 2018 kemarin penggunaan mesin baru 29 persen. Dua tahun yang akan datang penggunaan mesin sudah 42 persen. Tahun 2025 penggunaan mesin sudah 52 persen," tutur Khofifah.

Selain itu, menurut Khofifah, tantangan pelajar ke depan adalah harus memiliki kemampuan sosial, yakni kemampuan untuk melakukan koordinasi, negosiasi, persuasi, monitoring dan kepekaan dalam memberikan bantuan hingga kecerdasan emosional.

"Budaya dan kewargaan jangan dianggap enteng. Indonesia ini beragam, maka peran guru sebagai perekat budaya bangsa menjadi signifikan," kata dia.

Baca juga: Viral Surat Pelamar CPNS kepada Bupati yang Memohon supaya Diterima

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com