Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengabdi 15 Tahun dan Tak Mungkin Jadi PNS, Guru Honorer Dapat Hadiah Motor dari Ganjar

Kompas.com - 25/11/2019, 17:31 WIB
Riska Farasonalia,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG.KOMPAS.com - Salah satu guru honorer SLB di Surakarta Jawa Tengah, Ariyanto, mengaku ingin dijadikan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) karena dirinya sudah mengabdi sejak 2004.

Dalam upacara Hari Guru di SMA N 1 Semarang, Ariyanto berkesempatan mencurahkan isi hatinya kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memimpin upacara pada Senin (25/11/2019).

Ariyanto hadir dalam acara tersebut karena mendapat penghargaan, menyampaikan keluh kesahnya kepada Ganjar karena tidak bisa menjadi PNS.

Baca juga: Peringatan Hari Guru, Ganjar Dorong Guru Honorer Jadi PPPK dan Dapat Gaji Layak

Dirinya mengaku sudah berusaha mendaftar beberapa kali, namun tidak tercapai.

"Saya honorer sejak 2004 Pak, sekarang usia saya sudah lebih dari 35 tahun. Sudah tidak ada kesempatan jadi PNS lagi. Tapi saya tetap ingin jadi PNS seperti teman-teman yang lain, mohon dibantu pak," kata Ariyanto.

Sementara itu, Ganjar mengatakan bahwa untuk menjadi PNS harus mengikuti persyaratan yang ada. Di antaranya adalah usia yang tidak boleh melebihi 35 tahun dan persyaratan lain.

"Jadi njenengan sudah tidak bisa. Tapi kan masih bisa ikut daftar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Jadi silakan njenengan daftar PPPK saja," kata Ganjar.

Ganjar pun menanyakan gaji yang diterima Ariyanto saat ini.

Kepada Ganjar, Ariyanto mengatakan, dulu gajinya hanya Rp 250.000 perbulan. Namun sekarang, gajinya sebesar Rp 1,9 juta per bulan.

"Jadi silakan daftar PPPK, semoga bisa. Tapi meskipun gaji segitu, Bapak tetap semangat kan mendidik anak-anak kita," tanya Ganjar dan dijawab semangat oleh Ariyanto.

Baca juga: Peringatan Hari Guru, Ridwan Kamil Hadiahi Guru SD-nya Umroh

"Siap Bapak. Saya mengabdi bukan hanya untuk mencari uang, tapi ingin menjadikan anak-anak khususnya difabel menjadi berprestasi," ucap Ariyanto semangat.

Jawaban Ariyanto itu langsung membuat Ganjar bangga hingga langsung memberikan hadiah tambahan kepada Ariyanto berupa sepeda motor.

"Karena kamu semangat, saya belikan motor ya. Semoga bermanfaat," ucap Ganjar disambut tepuk tangan seluruh peserta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com