Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Maluku, Tidak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 24/11/2019, 19:08 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Bayu Galih

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Gempa bermagnitudo 4,9 mengguncang Kabupaten Maluku Tengah pada Minggu (24/11/2019) malam, sekitar pukul 20.36 WIT.

Berdasarkan data yang diterima Kompas.com dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon, lokasi gempa berada pada titik koordinat 3.92 Lintang Selatan dan 129.65 Bujur Timur.

Adapun titik gempa berjarak 62 km bagian selatan Tehoru dan 73 km bagian utara Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah.

Pusat gempa diketahui berada di  kedalaman 102 km di bawah permukaan laut.

Baca juga: Gempa Bumi Magnitudo 5,5 Guncang Laut Banda

Sejauh ini belum ada laporan resmi mengenai ada atau tidaknya dampak kerusakan yang ditimbulkan dari guncangan gempa tersebut.

Namun, BMKG memastikan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah rawan gempa di Indonesia. Sebab, Maluku berada pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Indo Australia, Eurasia dan Pasifik.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia lalu bertemu Lempeng Pasifik. Pertemuan kedua lempeng tersebut menyebabkan terjadi patahan yang tidak beraturan, sehingga kerap memicu terjadi gempa di Maluku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com