Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmikan Mako Polres Asmat, Begini Pesan Kapolda Papua

Kompas.com - 24/11/2019, 07:15 WIB
Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

ASMAT, KOMPAS.com - Kapolda Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw meresmikan markas komando Polres Asmat yang baru, Sabtu (23/11/2019).

Mako Polres Asmat yang berada di Distrik Agats, Ibukota Kabupaten Asmat ini sebelumnya berada di Jalan Bhayangkara dan hanya terbuat dari papan kayu.

Kini mako tersebut dipindahkan ke Jalan Pelabuhan Besar dan berdiri secara permanen.

Peresmian dihadiri Bupati Asmat Elisa Kambu, Pangdam XVII/ Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, Kapolres Asmat AKBP Andi Yoseph Enoch, dan undangan lainnya.

Baca juga: Bupati Asmat: Pemekaran Provinsi Papua Selatan Sesuai Aspirasi Masyarakat

Kapolda Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw mengatakan, Mako Polres Asmat yang baru diresmikan sebagai pondasi yang kuat dalam rangka mengawal kamtibmas di Kabupaten Asmat.

Dia pun berpesan kepada kapolres dan jajarannya agar tetap menyatu bersama masyarakat, dengan melayani sepenuh hati.

Selain itu, kapolres dan jajarannya harus membantu pemerintah dalam pembangunan, baik pendidikan, kesehatan dan lainnya.

Tak hanya itu, Polri dan TNI agar tetap bersinergi mengawal segala pembangunan yang disalurkan ke Asmat oleh pemerintah pusat, maupun daerah setempat.

Baca juga: Ucapan Selamat kepada Presiden Joko Widodo dan Wapres Maruf Amin dari Asmat Papua

Kepada pemerintahan di Asmat, Waterpauw mengingatkan agar menjalankan proses pembangunan berjalan tanpa adanya Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN).

"Asmat saat ini semakin berkembang. Dulu di kenal dengan kota sejuta papan, sekarang sudah beton dan jauh lebih baik dari kemarin," ujar Waterpauw.

Sementara itu, Bupati Asmat Elisa Kambu mengatakan, pembangunan di Asmat saat ini terus digalakkan.

Baca juga: Wabup Asmat: Masyarakat Berharap Pembentukan Provinsi Papua Selatan Dipercepat

Dia pun berharap kepolisan turut membantu Pemkab Asmat dalam pembangunan SDM. Salah satunya, memasukan generasi muda yang setelah lulus SMA agar bergabung dengan Kepolisian Republik Indonesia.

"Hanya itu yang kami harapkan kepada Kapolda Papua, demi mendorong kemajuan generasi muda Papua khusunya anak anak Asmat," kata Elisa.

Kompas TV Personel Polres Kabupaten Asmat, Papua berhasil mengevakuasi 4 jenazah pendulang emas di Kabupaten Yahukimo, Papua. Ini adalah video yang kami peroleh dari Polres Asmat, Papua. Dibutuhkan waktu sekitar 10 jam dari kota Agats menuju lokasi penyerangan oleh orang tak dikenal kepada pendulang emas. Polisi menelusuri wilayah hutan yang dijadikan kamp pendulang emas di kampung minim Kabupaten Yahukimo, Papua. Dan berikut kami adalah video blog dari Kapolres Asmat AKBP Andi Yoseph Enoch yang menelusuri langsung situasi di pendulangan emas Yahukimo pasca penyerangan orang tak dikenal. #Penyerangan #PendulanganEmas #Yahukimo
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com