Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Identifikasi 6 Pelaku Penyerangan yang Menewaskan Mahasiswa UMI

Kompas.com - 21/11/2019, 18:55 WIB
Himawan,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Yudhiawan Wibisono mengungkapkan pihaknya kembali mengidentifikasi enam pelaku penyerangan mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Andi Fredi Akirmas. 

Pernyataan Yudhiawan ini diungkapkan kepada rekan almarhum Fredi yang melakukan aksi unjuk rasa di depan Polrestabes Makassar, Kamis (21/11/2019), untuk menuntaskan kasus yang menewaskan mahasiswa fakultas hukum itu. 

"Kami memeriksa orang secara maraton itu kan harus ada buktinya, dia melihat, dia posisi di mana, peran saya sebagai apa. Yang jelas dalam waktu dekat ini sudah ada enam lagi yang akan kami ambil. Dan itu sudah pasti," kata Yudhiawan. 

Baca juga: Buntut Penyerangan Mahasiswa UMI Selama Sepekan, Kuliah Diliburkan, Kampus Dikosongkan

Menurut Yudhiawan, enam pelaku penyerangan yang teridentifikasi itu dari hasil pemeriksaan 3 pelaku penyerangan Andi Fredi dan 7 rekan pelaku yang kini sudah diamankan dan berada di sel tahanan Polrestabes Makassar. 

Yudhiawan mengatakan, dari enam terduga pelaku tersebut nantinya masih bisa memudahkan penyidik ke terduga pelaku penyerangan lainnya. 

"Yang bisa kami ungkap yang betul-betul mematikan dulu. Dari situ bisa merembes ke yang lain. Tidak mungkin hanya 3, karena ada CCTV. Namun, kami sudah tahu identitasnya, semuanya sudah lari keluar Makassar," tambah Yudhiawan. 

Mantan Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sulsel ini meminta masyarakat untuk bersabar dalam menuntaskan kasus penyerangan yang menewaskan mahasiswa semester 7 itu. 

Yudhiawan berjanji bakal menuntaskan kasus kematian Andi Fredi dan juga beberapa aksi teror lainnya di kampus UMI. 

Baca juga: Penyerangan Kampus UMI Makassar Dipicu Dendam Lama

"Berikan kami kesempatan bersama penyidik untuk menyelidiki siapa saja yang sudah terlibat. Yang jelas, akan kami tuntaskan. Kita kan negara hukum," beber dia. 

Sebelumnya diberitakan, polisi menahan tiga pelaku penganiayaan yang menyebabkan Andi Fredi Akirmas atau AFA (21), mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar meninggal dunia di kampusnya, Selasa (11/12/2019) lalu. 

Ketiga pelaku yakni Yusril Zakir (19), Indra Rusfandi (20), dan Syahrul (20), merupakan mahasiswa Fakultas Teknologi Industri UMI.

Yusril alias Ucil merupakan eksekutor yang melayangkan badik ke tubuh Fredi hingga meninggal dunia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com