Pakai Knalpot Racing, Pengendara Motor di Cianjur Ditilang

Kompas.com - 20/11/2019, 21:57 WIB
Seorang pengendara sepeda motor mencopot knalpot bising dihadapan polisi saat terjaring razia, Rabu (20/11/2019). Selain ditilang, pelanggar tersebut disuruh membuat pernyataan tertulis di atas meterai untuk tidak memakai kembali knalpot bising tersebut. IstimewaSeorang pengendara sepeda motor mencopot knalpot bising dihadapan polisi saat terjaring razia, Rabu (20/11/2019). Selain ditilang, pelanggar tersebut disuruh membuat pernyataan tertulis di atas meterai untuk tidak memakai kembali knalpot bising tersebut.

CIANJUR, KOMPAS.com - Sejumlah pengendara sepeda motor yang kedapatan menggunakan knalpot racing ditilang petugas Satlantas Polres Cianjur, Rabu (20/11/2019).

Para pelanggar lalu lintas ini terjaring razia di sejumlah titik, salah satunya di bunderan Tugu Lampu Gentur, Jalan Abdullah bin Nuh, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

"Ada tiga pengendara yang diamankan termasuk penertiban penggunaan rorator dan sirine di mobil pribadi," tutur Paur Humas Polres Cianjur Ipda Budi Setiayuda kepada Kompas.com.


Baca juga: Kapolres Magelang Kota Komentari Video Knalpot Racing Anggotanya

Guna mengurangi penggunaan knalpot tersebut, pelanggar dikenai tilang dan membuat pernyataan tertulis di atas materai.

"Untuk sementara tidak kita sita, namun membuat pernyataan di atas meterai untuk menggantinya (tidak memasang kembali knalpot bising),” kata Budi.

Baca juga: Ingat Lagi Hukuman Pakai Knalpot Racing di Jalan

Budi mengancam akan menindak tegas bila pengendara masih kedapatan menggunakan knalpot racing.

“Termasuk juga (tindakan tegas) kepada pelanggar mobil pribadi yang memasang rorator atau sirine,” ujarnya.

Dia menambahkan dalam operasi kali ini sebanyak 106 kendaraan ditilang, 25 pengendara lain hanya mendapat teguran.

"Tiga kendaraan diamankan karena penggunanya tak bisa menunjukkan dokumen lengkap kepemilikan. Kalau pelanggaran yang kena tilang rata-rata karena tidak menggunakan helm," ucapnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X