KILAS DAERAH

Inovasi Sulsel Buka Direct Call Export Sukses Tingkatkan Nilai Ekspor

Kompas.com - 20/11/2019, 20:57 WIB
Menteri Perdagangan RI, Agus Suparmanto bersama Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah kembali melepas ekspor Sulsel bersama para eksportir asal Sulsel di Pelabuhan Makassar, Rabu (20/11/2019). KOMPAS.com/HENDRAMenteri Perdagangan RI, Agus Suparmanto bersama Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah kembali melepas ekspor Sulsel bersama para eksportir asal Sulsel di Pelabuhan Makassar, Rabu (20/11/2019).

KOMPAS.com – Provinsi Sulawesi Selatan ( Sulsel) sukses berinovasi untuk meningkatkan nilai ekspor dengan membuka jalur ekspor langsung (direct call export) sejak November 2018 lalu.

Direct call export berhasil memangkas waktu perjalanan ekspor lebih dari 10 hari dan menghemat biaya kontainer hingga 500 dollar AS,” kata Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dalam keterangan tertulisnya.

Ia menyampaikan pernyataan itu saat Forum Sosialisasi Kebijakan Perdagangan Dalam Negeri di The Rinra Hotel, Makassar Rabu (20/11/2019).

“Selain meningkatkan nilai ekspor, direct call export juga menyumbang tingginya angka pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan,” imbuh Gubernur Sulsel.


Baca juga: Program PAIR Untungkan Sulsel dalam Proses Pengambilan Kebijakan

Nurdin mencontohkan jika biasanya waktu tempuh ke Jepang adalah sekitar 30 hari, maka dengan jalur ekspor langsung bisa membuat perjalanan hanya tinggal 14 hari.

Kesuksesan Sulsel tersebut menurut dia tidak lepas dari kebijakan Presiden Joko Widodo di bidang perdagangan.

Ekspor 18 komoditas unggulan

Tidak hanya sukses membuka direct call export, Sulsel juga berhasil mengekspor 18 komoditas unggulan dalam satu tahun kepemimpinan Nurdin Abdullah.

Komoditas itu di antaranya adalah rumput laut, ikan, udang, berbagai komoditas pertanian seperti coklat, merica, kacang mede, dan bahan logam.

Ada sekitar 500 kontainer dengan volume 7.930,51 ton yang mengangkut komoditas ekspor Sulsel ke Jepang, China, Hongkong, Vietnam, Korea Selatan, dan Taiwan.

Total pemasukan daerah atas ekspor itu mencapai 19,75 juta dollar AS. Aktivitas ekspor pun masih berlanjut sampai sekarang.

Baca juga: Gubernur Nurdin Beberkan Upaya Pemerataan Pelayanan Kesehatan di Sulsel

Rabu (20/11/2019), Gubernur Sulsel bersama Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Agus Suparmanto kembali melepas ekspor Sulsel bersama 26 eksportir asal Sulsel di Pelabuhan Makassar.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X