Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Gempa Guncang Ambon dan Maluku Tengah, Warga Panik

Kompas.com - 18/11/2019, 17:02 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Farid Assifa

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Dua gempa bumi yang terjadi di titik lokasi berbeda mengguncang dua wilayah di Maluku, yakni di Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah pada waktu yang bersamaan, Senin petang (18/11/2019).

Gempa yang dirasakan kuat getarannya di Kota Ambon itu membuat warga panik dan berhamburan ke jalan-jalan. Sejauh ini belum ada laporan kerusakan yang ditimbulkan dari gempa tersebut.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon, dua gempa yang terjadi dalam waktu bersamaan di dua lokasi berbeda itu memiliki kekuatan di atas magnitudo 4.

Baca juga: Gempa Magnitudo 4,9 di Maluku Tengah, 1 Rumah Warga Ambruk

Untuk gempa pertama berkekuatan magnitudo 4,5 terjadi pada pukul 18.03 WIT dengan titik koordinat 2.56 Lintang Selatan dan 128.8 Bujur Timur atau berjarak 60 km barat laut Sawai, Maluku Tengah, dan 81 km Wahai, Maluku Tengah pada kedalaman 10 km di bawah permukaan laut.

Setelah itu, hanya berselang satu detik saja, gempa berkekuatan magnitudo 4,1 kembali mengguncang Ambon.

Ada pun pusat gempa berada pada titik koordinat 3.57 Lintang Selatan dan 128.22 Bujur Timur atau berjarak 15 km utara Ambon dan 29 km barat daya Kairatu, Seram Bagian Barat.

Gempa yang terjadi di Ambon ini dirasakan sangat kuat getarannya oleh warga dengan skala III MMI.

Baca juga: Penjelasan BMKG soal Gempa Susulan di Laut Maluku

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Ambon, Andi Azhar Rusdin menyebut gempa yang terjadi hampir bersamaan di dua lokasi berbeda itu membuat para seismolog harus membutuhkan waktu untuk menganalisis kedua gempa tersebut.

“Dua gempa itu terjadi hampir bersamaan waktu terjadinya, ini membuat para seismolog harus membutuhkan waktu untuk menganalisa, kita akan pantau terus,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com