Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Sabtu Malam 187 Gempa Susulan Terjadi, 10 Kali Dirasakan Warga Manado

Kompas.com - 17/11/2019, 07:04 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, hingga Sabtu (16/11/2019) pukul 20.00 WITA, gempa susulan terjadi sebanyak 187 kali.

Gempa bumi susulan tersebut terjadi pascagempa magnitudo 7,1 di Laut Maluku, Kamis (14/11/2019) pukul 23.17 WIB. Sepuluh gempa di antaranya dirasakan oleh warga.

"Kisaran magnitudo gempa susulan antar magnitudo 2,9-6,1," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado Edward Henry Mengko, Sabtu malam.

BMKG juga ungkap penyebab terjadi gempa di Laut Maluku, Ambon, dan Bali. Menurut BMKG, gempa di tiga wilayah ini, beda sumber, dan mekanisme.

Baca juga: Dampak Gempa Maluku Utara, 36 Bangunan Rusak hingga 3 Orang Terluka

Gempa Laut Maluku dipicu oleh adanya deformasi batuan dalam lempeng Laut Maluku. Sementara, gempa Bali dibangkitkan oleh sumber gempa sesar naik di utara Bali.

Lalu, gempa Ambon terjadi akibat aktivitas sesar aktif yang belum terpetakan sebelumnya.

Selain berbeda dalam sumber gempa, ketiga gempa tersebut juga berbeda dalam mekanisme sumbernya.

Gempa Laut Maluku memiliki mekanisme sumber sesar naik (thrust fault). Gempa utara Bali memiliki mekanisme sumber kombinasi pergerakan dalam arah mendatar dan naik (oblique thrust), dan gempa Ambon memiliki mekanisme sesar geser (strike slip).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com