Rem Blong, Truk Angkut Minyak Sawit Tabrak Dinding Bukit dan Terbalik

Kompas.com - 16/11/2019, 17:07 WIB
Truk CPO terbalik setelah menabrak dinding bukit akibat rem blong di Jalan Raya Batang Kapas, Pesisir Selatan, Sabtu (16/11/2019) Dok: Humas Polres Pesisir SelatanTruk CPO terbalik setelah menabrak dinding bukit akibat rem blong di Jalan Raya Batang Kapas, Pesisir Selatan, Sabtu (16/11/2019)

PADANG, KOMPAS.com - Diduga akibat rem blong, sebuah truk pengangkut crude palm oil (CPO) atau minyak sawit mentah hilang kendali dan terbalik di Jalan Raya Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Sabtu (16/11/2019) pukul 03.00 WIB.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal itu. Hanya, sopir truk AK (57) mengalami luka-luka di kepala, tangan dan kaki.

Baca juga: Diduga Rem Blong, Sebuah Mobil Masuk Jurang di Jalur Maut Sarangan


"Diduga remnya blong sehingga mobil hilang kendali dan menabrak dinding bukit kemudian terbalik," kata Kasat Lantas Polres Pesisir Selatan, Iptu Yuliadi, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu.

Yuliadi menuturkan, sebelum mengalami kecelakaan, truk melaju dengan aman dan lancar dari Kecamatan Sutera menuju Painan, namun sesampainya di Bukit Pulai, Batang Kapas, rem truk blong dan kendaraan oleng.

Akibat kejadian itu, arus lalu lintas sempat terganggu karena badan truk berada di jalan raya dan minyak CPO tumpah.

"Namun, truk sekarang sudah dievakuasi dari jalan raya dan dibawa ke unit laka. Kemudian diperbaiki ke bengkel," ujar Yuliadi.

Baca juga: Rem Blong, Truk Semen Seruduk Mobil, Motor hingga Bangunan, Satu Tewas

Sementara, untuk sopir truk bernomor polisi BA 8414 AU tersebut mesti larikan ke Puskemas Batang Kapas guna mendapat penanganan akibat luka yang dialaminya.

"Sopirnya bernama AK (57) warga Kampung Limau Sundai, Nagari IV Koto Hilie, Kecamatan Batang Kapas. Dia mengalami luka dan mesti mendapatkan 16 jahitan di bagian kepala sebelah kanan," ujar Yuliadi.

Untuk kerugian, ditaksir sekitar Rp 200 juta dari tumpahnya CPO dan kerusakan truk.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X