Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

159 Gempa Susulan Terjadi di Manado, Warga Rasakan 9 Kali Guncangan

Kompas.com - 16/11/2019, 16:24 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Dony Aprian

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, sebanyak 159 gempa susulan terjadi di Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (16/11/2019).

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado Edward Henry Mengko mengatakan, gempa di Laut Maluku merupakan tipe gempa yang didahului oleh aktivitas gempa pendahuluan (foreshocks).

Baca juga: Gempa Laut Maluku, Ratusan Susulan dan Munculnya Tsunami Kecil

Dia menambahkan, gempa susulan paling besar mencapai magnitudo 5,9, dan terkecil magnitudo 2,7. Gempa susulan dirasakan masyarakat sebanyak sembilan kali.

Kemudian, gempa utama (main shock) terjadi dengan magnitudo paling besar, selanjutnya diikuti oleh serangkaian aktivitas gempa susulan (aftershocks).

Baca juga: 4 Fakta Gempa Bumi M 7,1 di Maluku Utara, Tsunami 10 Cm hingga 19 Kali Gempa Susulan

Hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa sebelum terjadi gempa utama magnitudo 7,1 di Laut Maluku, Kamis (14/11/3019), telah terjadi aktivitas gempa berkekuatan kecil yang merupakan gempa pendahuluan (foreshocks).

"Terdapat dua aktivitas gempa berkekuatan magnitudo 4,4 dan 3,4. Ini bukti bahwa gempa Laut Maluku didahului oleh aktivitas gempa pembuka," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com