Khawatir Jatuh Korban, Warga Bongkar Atap Sekolah yang Nyaris Ambruk

Kompas.com - 15/11/2019, 11:37 WIB
Khawatir Jatuh Korban, Warag Di Ngawi Bongkar Bangunan Sekolah Yang  Nyaris Ambruk. KOMPAS.COM/SUKOCOKhawatir Jatuh Korban, Warag Di Ngawi Bongkar Bangunan Sekolah Yang Nyaris Ambruk.

NGAWI, KOMPAS.com - Khawatir dengan keselamatan anak-anak mereka karena bangunan sekolah yang sudah tua, warga Desa Budug, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, memilih membongkar atap bangunan sekolah.  

Kepala Desa Budug Marjuki mengatakan, khawatir dengan kejadian sekolah yang ambruk dan memakan korban jiwa, pemerintah desa bersama warga akhirnya memilih membongkar sendiri atap bangunan sekolah yang tiangnya sudah turun.

“Kondisinya sudah parah kami lihat, makanya warga berinisiatif membongkar atap bangunan sekolah,” ujar Marjuki, Jumat (15/11/2019).


Baca juga: 6 Siswa SD yang Tertimpa Atap Sekolah Ambruk di Pasuruan Masih Dirawat di Rumah Sakit

Kepala Sekolah SDN Budug Sri Wahyu Hidayati mengatakan, bangunan yang paling parah mengalami kerusakan adalah ruang guru dan perpustakaan yang saat ini difungsikan sebagai kantor.

Ruang guru selain tiang sudah turun, plafon juga sudah berjatuhan karena kayu penyangga atap sudah lapuk.

“Ini dibangun tahun 2005 lalu, sebulan terkahir kondisinya semakin parah. Karena khawatir, kami pindah ke ruang perpustakaan,” kata dia.

Sri Wahyu menambahkan, pihak sekolah telah melaporkan kondisi bangunan sekolah yang mengkhawatirkan tersebut.

Baca juga: Ngeri, Atap Sekolah Ini Nyaris Roboh, Hanya Disangga Bambu

 

Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi telah melakukan survei terhadap kerusakan di SD Budug yang memiliki siswa sebanyak 85 anak tersebut.

“Sudah disurvei konsultan, diperbaiki nanti anggaran 2020,” imbuh dia.

Selain bangunan yang mulai rusak, SD Budug saat ini juga mengalami kekurangan guru pengajar pendidikan agama karena pensiun.

Bulan Desember mendatang, kekurangan guru akan bertambah dengan pensiunnya guru olahraga.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X