25 Makam di Tasikmalaya Dibongkar, Pelaku Hanya Ambil Tanah di Bawah Batu Nisan

Kompas.com - 13/11/2019, 11:19 WIB
Petugas Kepolisian sedang memeriksa kuburan yang dibongkar di TPU Desa Pakemitan, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (8/11/2019) malam. KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHAPetugas Kepolisian sedang memeriksa kuburan yang dibongkar di TPU Desa Pakemitan, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (8/11/2019) malam.

 

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Babinsa Desa Pakemitan Koramil 1218 Cikatomas Sersan Satu Dwi Bakti mengatakan, pembongkaran beberapa makam yang digali orang tidak dikenal diketahui hanya mengambil tanah di bawah batu nisan.

Hasil pemeriksaan seluruh makam tak ditemukan bagian jenazah yang hilang.

Kuburan yang digali kondisinya sudah tertembok dan merupakan kuburan lama.

"Kami bersama anggota Polsek dibantu warga dan penggali makam melakukan pengecekan hingga ditemukan 25 kuburan telah dibongkar secara acak tanpa dirapikan kembali. Akan tetapi, temuan tersebut telah dilaporkan pada pimpinan saya yakni Komandan Distrik Militer (Kodim) 0612 Tasikmalaya termasuk Polres Tasikmalaya," jelas Dwi, Rabu (13/11/2019).

Baca juga: 4 Fakta 25 Makam di Tasikmalaya Dibongkar, Bukan Pertama Kali hingga Polisi Bentuk Tim

Sebelumnya, pembongkaran puluhan kuburan  di TPU Desa Pakemitan, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, pertama kali diketahui oleh salah seorang penjaga kuburan, Anda Juanda (54).

Menurutnya, ada beberapa orang peziarah yang melaporkan kepada dirinya bahwa ada banyak kuburan yang dibongkar pada Jumat pagi.

"Kami menerima laporan dari warga, setelah dicek di lokasi menemukan 25 makam dalam kondisi sudah terbuka pada bagian di bawah batu nisan. Namun, pembongkaran itu diduga hanya membawa tanah kuburan yang ada di dalam karena semua makam dilakukan secara acak," katanya.

Baca juga: 25 Makam di Tasikmalaya Dibongkar dengan Kedalaman 50 Sentimeter

Pembongkaran 25 kuburan di TPU Pakemitan bukan kali pertama terjadi tapi beberapa pekan sebelum digelar pemilihan kepala desa (Pilkades).

Sebelum kejadian itu, sebanyak lima makam juga ditemukan terbuka dalam kondisi serupa dan ditemukan sama, Jumat pagi.

Pembongkaran makam yang dilakukan para pelaku diperkirakan pada Kamis malam atau malam Jumat.

"Makam yang dibongkar di bawah bagian batu nisan terbuka dengan lebar 10 senti dan kedalaman 50 senti. Diduga penggalian itu hanya mengambil tanah saja namun tidak ada jenazah atau kerangka yang hilang di dalam kuburan itu," ujarnya.

Sampai saat ini Polres Tasikmalaya telah membentuk tim khusus untuk membongkar kasus tersebut. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X