Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bermagnitudo 5,7 Guncang Manado, Warga Diimbau Hindari Bangunan Retak

Kompas.com - 12/11/2019, 11:01 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Dony Aprian

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com — Gempa bermagnitudo 5,7 mengguncang wilayah Maluku Utara, Selasa (12/11/2019).  

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), informasi awal gempa bermagnitudo 5,9, selanjutnya setelah dilakukan pemutakhiran menjadi magnitudo 5,7.

Episenter gempa bumi terletak di koordinat 1.48 LU dan 127.05 BT atau tepatnya di 65 km arah Barat Laut Kota Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, di kedalaman 119 km.

Baca juga: Gempa Bumi Bermagnitudo 5,1 Guncang Sumba Barat Daya, NTT

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado Edward Hendry Mengko menjelaskan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi antara lempeng mikro Laut Maluku dan Lempeng Filipina.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Kotamobagu, Ternate, Tobelo II-III MMI, Bolaang Mongondow Timur, Manado, Tondano, Minahasa Utara, Bitung II MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ujarnya seperti dikutip dari rilis tertulis, Selasa siang.

Baca juga: Gempa Bumi Magnitudo 5 Guncang Labuan Bajo NTT

Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Karena itu, warga diimbau tetap tenang dan menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa atau tidak ada kerusakan sebelum kembali ke rumah," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com