Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati Hari Pahlawan, Petugas Satlantas Polres Lamongan Berkostum Ala Pejuang

Kompas.com - 11/11/2019, 21:51 WIB
Hamzah Arfah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

LAMONGAN, KOMPAS.com - Pemandangan berbeda terlihat di kantor Satlantas Polres Lamongan, Senin (11/11/2019). Sebab, para petugas menggunakan seragam berbeda dari yang biasa dikenakan sehari-hari, terlihat seperti pakaian yang dikenakan oleh para pejuang pada zaman dulu.

Mereka rupanya sengaja mengenakan pakaian ala pejuang zaman dulu saat melayani pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), dalam rangka menghormati sekaligus memperingati Hari Pahlawan yang biasa diperingati setiap 10 November.

"Spesial untuk Hari Pahlawan saja, hari ini saja," ujar Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung, Senin (11/11/2019).

"Intinya dalam rangka memperingati dan menghargai jasa para pahlawan, kita menggunakan kostum-kostum yang menunjukkan pahlawan pada zaman itu kepada masyarakat," lanjut dia.

Baca juga: Peringati Hari Pahlawan, Pemkot Salatiga Adakan Kompetisi PUBG

Di samping penghormatan akan jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang dan berkorban untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), ada capaian lain yang diharapkan bisa diraih dari peringatan Hari Pahlawan kali ini, khususnya bagi anggota kepolisian yang ada di lingkup Polres Lamongan.

"Kan tema peringatan kali ini, aku pahlawan masa kini. Kami ingin menggelorakan agar anggota memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, dengan menunjukkan figur-figur pahlawan zaman dulu itu bisa ditularkan ke anggota untuk melakukan yang terbaik untuk bangsa ini," jelasnya.

Tidak sekadar memakai baju ala pejuang zaman dulu, namun petugas yang berjaga melayani pembuatan SIM hari ini juga diajak memberikan himbauan kepada masyarakat untuk meningkatkan nasionalisme. 

Yakni dengan cara menceritakan pengorbanan yang sudah diberikan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

"Kami mengajak masyarakat untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan pengetahuan, tentang bagaimana pengorbanan yang sudah dilakukan para pahlawan terhadap negeri ini," kata dia.

Baca juga: Tepat di Hari Pahlawan, Surabaya Sahkan APBD 2020 Sebesar Rp 10,3 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com