Akhirnya, Gubuk Reyot Mak Iyah Diperbaiki

Kompas.com - 09/11/2019, 10:55 WIB
Istimewa

CIANJUR, KOMPAS.com - Sembari duduk di atas bebatuan, Mak Iyah (100) berkaca-kaca menyaksikan rumahnya dibongkar beramai-ramai oleh warga, Jumat (8/11/2019).

Genteng-genteng diturunkan, paku-paku yang menancap di tiang penyangga dicabuti dan barang serta perabotannya yang tak seberapa dikeluarkan satu persatu. 

Kini, gubuk reyot yang berada di atas areal kebun sayur di Kampung Pasir Baing RT 005 RW 003 Desa Sukatani, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang telah ia tempati puluhan tahun sudah rata dengan tanah. 

"Emak tidak menyangka rumahnya mau diperbaiki, syukur alhamdulilah," ucap Mak Iyah kepada Kompas.com, Jumat.

Baca juga: Berusia 100 Tahun dan Belum Pikun, Ini Rahasia Tetap Sehat Mak Iyah dari Cianjur

Mak Iyah mengaku terharu, pada akhirnya ada pihak yang mau memperbaiki rumahnya. Sebab, kondisi rumahnya sudah doyong ke belakang dan nyaris ambruk.

Terlebih, sejak musim penghujan tiba, rumahnya kerap kebanjiran.

“Kan sudah pada bocor. Kalau hujan emak tidak bisa ke mana-mana, diam saja di dipan (tempat tidur), lantai ada airnya (tergenang air),” kata dia.

Karena itu, ia menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada para pihak yang telah terlibat dalam kegiatan perbaikan rumahnya itu.

"Sampaikan yah emak terima kasih sekali. Mudah-mudahan kebaikannya dibalas berlipat oleh Allah SWT," ucap dia.

Ketua RT 005 RW 003, Yayan Ubi (45) mengatakan, kegiatan pembongkaran rumah Mak Iyah melibatkan 30 orang warga setempat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X