Kisah Nata Sutisna Meminta Bantuan Tiket Pesawat Viral, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 09/11/2019, 08:53 WIB
Tangkapan layar dari chanel Youtube Linuhung TV

KARAWANG, KOMPAS.com - Nata Sutisna (18) pemuda asal Desa Selaawi, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta, kaget mengetahui kisahnya mencari bantuan untuk berangkat menimba ilmu ke Tunisia viral di media sosial.

Pemuda yang mendapatkan beasiswa dari Perguruan Tinggi Tunisia Institut Superieur De Le Civilisation Islamique de Turnis dikabarkan ditolak oleh Pemkab Purwakarta, Disdik Purwakarta serta Pemprov Jabar.

Kisah Nata meminta bantuan biaya tiket pesawat ke Tunisia salah satunya diunggah akun instagram Media Referensi.

"Kaget banget. Se-Indonesia, bahkan sampai Tunisia juga ada yang tahu soal ini," ujar Nata, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (8/11/2019).

Baca juga: Mempertahankan Cita Rasa Bolu Kijing dari Karawang

Nata memang mendapat beasiswa di perguruan tinggi tersebut, namun untuk biasa hidup dan keberangkatan ditanggung sendiri.

Beasiswa itu hanya bersifat subsidi pendidikan. Sementara kedua orangtuanya sehari-hari bekerja sebagai penjual nasi kuning.

Karena bingung tak punya biaya untuk berangkat pada 14 November 2019 mendatang, Nata mencari bantuan ke beberapa pihak.

Ia mendatangi Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta dan Dinas Pendidikan (Disdik) Purwakarta.

"Saat itu tidak bertemu dengan Bupati (Purwakarta) karena sedang ada agenda di luar. Juga dengan Kadisdik (Purwakarta) enggak ketemu," kata dia.

Tak putus asa, ia pun mendatangi Pemprov Jabar bagian pendidikan dan Dinas Pendidilan Pemprov Jabar. Jawabannya sama tak ada anggaran.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X