KILAS DAERAH

Wagub Uu Beberkan 3 Upaya Pemdaprov Jabar Kembangkan Sektor Pariwisata

Kompas.com - 07/11/2019, 18:52 WIB
Wagub Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri pembukaan simposium The 4th Spirit of Bandung dengan tema Ecotourism Industry Development and Environment Protection di Universitas Kristen Maranatha, Kota Bandung, Kamis (7/11/19). Humas Pemprov JabarWagub Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri pembukaan simposium The 4th Spirit of Bandung dengan tema Ecotourism Industry Development and Environment Protection di Universitas Kristen Maranatha, Kota Bandung, Kamis (7/11/19).

KOMPAS.com - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum membeberkan tiga upaya Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jabar dalam mengembangkan sektor pariwisata.

Hal tersebut diungkapkan Uu saat menghadiri pembukaan simposium The 4th Spirit of Bandung dengan tema Ecotourism Industry Development and Environment Protection di Universitas Kristen Maranatha, Kota Bandung, Kamis (7/11/19).

"Pertama adalah memperbaiki akses menuju destinasi wisata, kedua membangun wilayah wisata berskala besar atau internasional seperti yang terjadi di Kabupaten Pangandaran, dan terakhir menghadirkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)," ucap dia sesuai keterangan rilis yang Kompas.com terima.

Sektor pariwisata, lanjut Uu, merupakan sektor yang diandalkan Pemdaprov Jabar untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kesejahteraan masyarakat.


Baca juga: Di Hadapan Kadin Oman, Emil Paparkan Potensi Perkebunan dan KEK Jabar

Maka tak heran pihaknya rela menggelontorkan dana yang tidak sedikit untuk mewujudkan hal tersebut.

“Kami membangun wilayah wisata berskala besar, mudah-mudahan bisa berskala internasional seperti Pangandaran. Sekitar Rp 100 miliar kami gelontorkan untuk memperbaiki fasilitas dan hal lainnya yang ada di Pangandaran,” ujar Uu.

Perihal kegiatan simposium, imbuh dia, dirinya mendukung kegiatan seperti ini terus ada karena dapat meningkatkan sektor pariwisata di Jabar.

"Dapat mendorong Jabar sebagai provinsi pariwisata di Indonesia," sambungnya.

Baca juga: Wishnutama Jadi Menteri, Ini Harapan Pemdaprov Jabar

Sekadar informasi, Spirit of Bandung merupakan simposium tingkat internasional yang digagas Universitas Kristen Maranatha dan Hebei Normal University dari Cina.

Adapun simposium pertama kali digelar pada 2013 dan telah menjadi agenda rutin setiap dua tahun sekali.

Sementara itu, Rektor Universitas Kristen Maranatha Armein ZR Langi mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah guna mendorong kesepahaman budaya, memperkuat kerja sama, dan menjaga persahabatan kedua pihak.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X