Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Ma'ruf Amin Resmikan RSU Syubbanul Wathon

Kompas.com - 07/11/2019, 14:13 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Rumah Sakit Umum (RSU) Syubbanul Wathon secara resmi dibuka untuk melayani masyarakat.

RSU Syubbanul Wathon merupakan rumah sakit kemitraan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Yayasan Syubbanul Wathon, dan Lippo Group yang berlokasi di Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah pada Kamis (7/11/2019).

Peresmian dilakukan secara simbolis melalui penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, disaksikan oleh pendiri dan Chairman Lippo Group Mochtar Riady, Menteri Kesehatan RI Letjen TNI (Purn) Dr dr Terawan Agus Putranto, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar.

Tampak pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj, serta manajemen RSU Syubbanul Wathon dan Siloam Hospitals Group, serta pejabat dan tokoh masyarakat setempat.

Baca juga: Maruf Amin Buka Konferensi Forum Zakat Dunia 2019 di Bandung

Ma'ruf Amin mengapresiasi kerja sama beberapa pihak sehingga berdiri rumah sakit ini.

Kemitraan ini merupakan wujud perilaku gotong royong yang sudah menjadi ciri khas Indonesia.

Pemerintah dalam hal ini BPJS Kesehatan juga ikut berperan dalam kerja sama ini sehingga menguatkan RSU Syubbanul Wathon sebagai rumah sakit yang siap melayani seluruh lapisan masyarakat.

"Harapan bisa memberikan pelayanan optimal. Kita ingin kemitraan ini menjadi model yang bisa dikembangkan untuk mempercepat proses pembangunan. Tidak hanya mengandalkan APBN, kebutuhan rumah sakit ini kan banyak sekali," kata Ma'ruf, usai kegiatan.

Untuk diketahui, RSU Syubbanul Wathon merupakan rumah sakit pertama yang pembangunannya dimulai tahun 2018, hasil dari kemitraan PBNU melalui Yayasan Syubbanul Wathon dan Lippo Group melalui Siloam Hospitals.

Kemitraan ini adalah pilot project pertama di bidang pembangunan sarana pelayanan kesehatan, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat melalui penyediaan sarana pelayanan kesehatan berkualitas dan memperbaiki ekonomi masyarakat lewat program pemberdayaan.

"Ini merupakan terobosan, dalam bentuk kemitraan seperti ini, nanti akan kita kembangkan. NU saja sudah membangun lagi dengan cara kemitraan," imbuh Ma'ruf.

Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto menyambut baik peran swasta dalam membangun dan menyediakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Indonesia, seperti sinergi antara Lippo Group dan PBNU.

"Kami berharap kemitraan ini dapat terus diperkuat untuk memberikan pelayanan yang semakin optimal kepada masyarakat,” ujar Terawan.

Beragam pelayanan dan fasilitas dihadirkan di rumah sakit berkapasitas 122 tempat tidur ini, antara lain instalasi gawat darurat 24 jam, laboratorium dan farmasi 24 jam, serta fasilitas penunjang seperti ultrasonografi dan X-ray.

RSU Syubbanul Wathon juga menyerap tenaga kerja lokal yang dibekali pelatihan intensif agar mampu memberikan pelayanan kesehatan optimal di rumah sakit tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com