Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta 2 Jenazah Pendaki Asal Jambi yang Hilang di Gunung Dempo, Berhasil Dievakuasi hingga Polisi Sempat Minta Diotopsi

Kompas.com - 06/11/2019, 10:59 WIB
Candra Setia Budi

Editor

KOMPAS.com - Setelah ditemukan Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung (Wanadri), Sabtu (2/11/2019) lalu, dua jenazah pendaki asal Muaro Jambi, yang hilang di Gunung Dempo yakni M Fikri Sahdila (17) dan Jumadi (16) akhirnya berhasil dievakuasi tim SAR Gabungan.

Sebelumnya, petugas lebih dulu mengevakuasi jenazah Jumadi pada Senin (4/11/2019), kemudian jenazah Fikri.

Kapolres Pagaralam AKBP Dolly Gumara mengatakan, proses evakuasi terkendala cuaca di gunung yang membuat petugas yang berada di lapangan membutuhkan waktu lama untuk menurunkan kedua korban dari atas gunung.

Masih dikatakannya, pihaknya ingin melakukan otopsi kepada dua jenazah pendaki asal Jambi untuk mengetahui penyebab kematian korban. Namun, pihak kelurga korban menolaknya.

Berikut ini fakta selengkapnya:

1. Terkendala cuaca yang selalu berubah-ubah

Tim SAR gabungan mencari keberadaan dua pendaki asal Jambi yang hilang di Gunung Dempo, kota Pagaralam,Sumatera Selatan sejak 15 Oktober 2019. Meskipun telah satu pekan pencarian, tim masih juga belum mengetahui keberadaan kedua korban hingga akhirnya masa pencarian diperpanjang selama tiga hari kedepan.DOK.SAR PAGARALAM Tim SAR gabungan mencari keberadaan dua pendaki asal Jambi yang hilang di Gunung Dempo, kota Pagaralam,Sumatera Selatan sejak 15 Oktober 2019. Meskipun telah satu pekan pencarian, tim masih juga belum mengetahui keberadaan kedua korban hingga akhirnya masa pencarian diperpanjang selama tiga hari kedepan.

Dua jenazah pendaki yang jatuh ke bibir bawah kawah Gunung Dempo berhasil dievakuasi. Namun, proses evakuasi tak semudah yang dibayangkan karena kondisi cuaca yang selalu berubah-ubah hingga membuat proses evakuasi menjadi terkendala.

Kapolres Pagaralam AKBP Dolly Gumara mengatakan, tim yang turun ke lapangan pun harus berhati-hati saat mengangkat tubuh korban yang berada persis di pinggir kawah.

"Kemungkinan sampai malam ini jenazah baru bisa dibawa turun (gunung), karena tim masih bekerja sampai sekarang untuk mengangkat jenazahnya dari bibir kawah," ujarnya.

Baca juga: Wanadri Temukan Dua Mayat Diduga Pendaki Jambi di Kawah Gunung Dempo

2. Dua jenazah pendaki asal Jambi berhasil dievakuasi

M Fikri Sahdila (17) dan Jumadi (26) dua pendaki asal Muaro Jambi yang hilang di Gunung Dempo, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan.KOMPAS.com/AJI YK PUTRA M Fikri Sahdila (17) dan Jumadi (26) dua pendaki asal Muaro Jambi yang hilang di Gunung Dempo, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan.

Diakui Dolly, proses evakuasi sempat terkendala cuaca di gunung yang membuat petugas di lapangan membutuhkan waktu lama untuk menurunkan kedua korban dari atas gunung.

Dari hasil identifikasi, kedua jenazah yang ditemukan di bibir kawah Gunung Dempo telah dipastikan adalah Fikri dan Jumadi.

"Hasil pemeriksaan serta barang yang didapati itu adalah benar pendaki asal Jambi yang hilang beberapa waktu lalu. Keluarga juga masih mengenali," kata Dolly, saat dihubungi, Selasa (5/11/2019).

Baca juga: Jenazah 2 Pendaki Asal Jambi yang Jatuh ke Bibir Kawah Gunung Dempo Dievakuasi

3. Polisi sempat akan otopsi jenazah korban

Ilustrasi PolisiThinkstock/Antoni Halim Ilustrasi Polisi

Dolly mengatakan, pihaknya sempat ingin melakukan otopsi kepada dua jenazah pendaki asal Jambi yang berhasil dievakuasi untuk mengetahui penyebab kematian korban.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com