Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oknum Guru Diduga Lecehkan Murid SD

Kompas.com - 06/11/2019, 09:20 WIB
Markus Makur,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Seorang siswi berinisial ASP (8) di sebuah sekolah dasar di Kecamatan Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT, diduga dilecehkan oleh gurunya sendiri berinisial RH.

"Siswi itu diduga dilecehkan oleh gurunya yang masih mengenyam pendidikan di sebuah sekolah dasar di pedalaman Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur," kata Kapolres Manggarai Barat, AKBP Julisa Kusumowardono, melalui pesan WhatsApp kepada Kompas.com, Selasa (5/11/2019).

Kusumawardono mengatakan, kasus tersebut ditangani oleh pihak Kepolisian Resor Manggarai Barat dengan nomor surat tanda penerimaan laporan STPL/147 /XI/2019/NTT/ Res Mabar.

Baca juga: Seorang Kepala Sekolah Ditangkap karena Cabuli Muridnya

 

Pihaknya akan menindak tegas sesuai perundang-undangan yang berlaku terhadap pelaku.

"Polres Manggarai Barat menerima laporan dari korban dan pelaku ditindak tegas. Pelaku yang diduga seorang oknum guru itu siap dipanggil dan diperiksa," ujar dia.

Kasus dugaan pelecehan anak di bawah umur seperti ini, lanjut Kusumawardono, ditangani serius oleh bagian reserse dan kriminal dan oknum pelaku diberi hukuman agar tidak mengancam keamanan anak-anak lain di lembaga pendidikan tersebut.

Kronologis kejadian menurutnya akan diketahui setelah terduga pelaku dan para saksi memberikan keterangan.

Sementara, keterangan awal dari korban bahwa oknum guru melakukan pelecehan sejak dirinya duduk dibangku kelas III di sekolah tersebut.

Baca juga: Cabuli Anak Didiknya, Pembina Pramuka di Surabaya Dituntut Hukuman Kebiri Kimia

Terpisah Direktur Perlindungan dan Pendampingan anak JPIC Flores Barat, Suster Yosefina, SSPS menuturkan, JPIC bersama orangtua dari siswi itu sudah dua hari ke kantor Kepolisian Resor Manggarai Barat di bagian Kanit PPA untuk mendampingi korban.

Kondisi korban saat ini masih trauma, minder dan sedikit takut.

"Saat ini korban ada di rumah perlindungan perempuan dan anak JPIC SSPS Flores Barat," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com