Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Kakek Diamankan Polisi, Diduga Jadi Otak Pencurian Hewan Ternak

Kompas.com - 05/11/2019, 05:40 WIB
Hamzah Arfah,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

LAMONGAN, KOMPAS.com - Pria berinisial RJ (63), warga Desa Payaman, Kecamatan Solokuro, Lamongan, Jawa Timur, diamankan pihak kepolisian, usai diduga menjadi otak pencurian hewan ternak di enam lokasi berbeda yang ada di Lamongan.

Setiap beraksi, RJ dibantu oleh tiga orang yang saat ini sudah diamankan oleh pihak kepolisian Tuban, juga atas kasus pencurian hewan ternak.

Dari laporan yang didapatkan pihak kepolisian dan sudah diakui oleh pelaku, enam lokasi berbeda yang menjadi target pencurian berada di wilayah Lamongan bagian utara, dengan mereka biasa melakukan aksinya pada malam hingga dinihari.

Baca juga: Terdapat 490 Formasi untuk Seleksi CPNS di Lamongan

"Tersangka menjadi aktor intelektual pencurian, karena dia memberitahukan kepada ketiga rekannya lokasi mana saja yang menjadi target pencurian sapi," ujar Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung, dalam rilis pengungkapan kasus di Mapolres Lamongan, Senin (4/11/2019).

"Sementara tiga tersangka lain berinisial RF, SJ, dan ZA, saat ini sedang menjalani penahanan di Polres Tuban, juga atas kasus pencurian sapi," ujar dia.

Polisi masih mengembangkan kasus ini, lantaran ditengarai komplotan pencurian ini sudah beraksi lebih dari enam lokasi seperti yang sudah dilaporkan.

Sementara itu, RJ yang dalam kesempatan sebelumnya juga sempat dihukum penjara atas kasus pencurian serupa, dihadiahi timah panas oleh petugas kepolisian karena hendak melarikan diri saat coba diamankan.

"Kemungkinan besar pelaku ini tidak mencuri di enam TKP (lokasi) saja, untuk itu kami akan melakukan koordinasi dengan Polres Tuban," tutur Feby.

Baca juga: Cerita di Balik Pencurian Emas oleh Menantu, Mertua Simpan Perhiasan di Dalam Kulkas

Dalam kasus ini, RJ akan dijerat dengan Pasal 363 Ayat 1 KUHP, dengan ancaman hukuman penjara 7 tahun.

Sementara dari tangan pelaku ini polisi juga mengamankan uang senilai Rp 6 juta, yang disinyalir merupakan hasil penjualan enam sapi curian yang berhasil dijual.

"Saya berencana hasilnya (mencuri) buat operasi, karena saya sakit batu ginjal," dalih RJ, ketika ditanya awak media.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com