Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Ini Agenda Ridwan Kamil Selama Kunjungan Bisnis ke Korea dan Jepang

Kompas.com - 04/11/2019, 21:20 WIB
Anissa DW,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil akan membahas kerja sama antar negara di bidang bisnis, industri, pendidikan vokasi, dan beberapa agenda lainnya dalam perjalanan dinasnya ke Korea Selatan dan Jepang, pada 4-8 November 2019.

“Pertemuan yang digelar di dua negara ini membahas kerjasama dalam bidang di bidang bisnis, industri, pendidikan vokasi, lingkungan, pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM), dan investasi infrastruktur,” papar Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Sekretaris Daerah Provinsi Jabar Hermansyah di Bandung, Minggu (3/11/2019).

Selain itu, menurut Hermansyah, Ridwan Kamil juga akan menghadiri pertemuan yang membahas kerja sama bidang teknologi informasi berbasis internet of things (IoT). Utamanya dalam hal pengembangan disaster management (manajemen bencana) dan smart city/province.

Seluruh pertemuan bisnis itu akan dilagsungkan di beberapa kota di Korea Selatan dan Jepang, yakni Busan di Korea Selatan, Tokyo, Shizuoka, Nara, dan Osaka di Jepang.

Baca juga: Ridwan Kamil: Jawa Barat Harus Menjadi Provinsi Pariwisata

“(Pertemuan) istimewa di Shizuoka. Pak Gubernur akan menyaksikan Penandatanganan MoU, kerja sama antara UNESCO Global Geopark, Ciletuh Geopark, dan Izu Peninsula Geopark,” katanya.

Momen istimewa juga terjadi saat kunjungan Ridwan Kamil ke Busan, Korea Selatan, Senin (4/11/2019). Dalam kunjugan itu, dia menerima gelar Doctor Honoris Causa bidang Public Administration di Dong-A University.

Sementara itu, pada Kamis (7/11/2019), Ridwan Kamil dijadwalkan menghadiri acara 10th East Asia Local and Regional Government Congress - Day 2, di Nara, Jepang.

Untuk diketahui, dalam kunjungannya ke dua negara itu, Ridwan Kamil didampingi Pimpinan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) Dino Patti Djalal dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Jabar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com