Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Truk Damkar Terjang Sejumlah Motor di Pati, Ini Kata Petugas

Kompas.com - 04/11/2019, 06:21 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Khairina

Tim Redaksi

PATI, KOMPAS.com - Baru-baru ini, video amatir yang merekam sebuah kendaraan mobil pemadam kebakaran yang melaju dengan kecepatan tinggi menerjang sejumlah kendaraan bermotor yang diparkir di pinggir jalan viral di media sosial.

Dalam tangkapan kamera ponsel berdurasi 11 detik tersebut, terlihat detik-detik truk damkar berwarna merah yang melintas kencang di jalan sempit.

Di lokasi itu tampak warga yang memarkirkan motor di pinggir jalan. Saat itu pula terdengar bunyi keras sirene truk damkar hingga suara teriakan seseorang yang memberi peringatan,  "Whoiii minggir ! minggir!".

Baca juga: Petugas Damkar 3 Jam Berburu Ular Sanca yang Resahkan Warga

Truk damkar bertuliskan Pemadam Kebakaran Kabupaten Pati itu terus tancap gas hingga menerjang sejumlah motor yang diparkir di sisi kirinya.

Tak jelas apakah yang terjadi setelah itu. Namun, truk damkar itu masih saja melaju hingga video berdurasi pendek itu rampung. 

Unggahan di akun Facebook "Toni" yang diteruskan ke akun E100, hingga Minggu (3/11/2019) sekitar pukul 18.45 WIB, tersebut telah ditonton ratusan ribu kali, memperoleh 1.356 tanggapan, 1.093 komentar, dan dibagikan 1.156 kali.

Saat dimintai keterangan, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati Hadi Santosa membenarkan bahwa video truk damkar yang menabrak sejumlah kendaraan bermotor merupakan kendaraan operasional damkar Kabupaten Pati.

Hanya saja, setelah pihaknya memintai keterangan kepada pihak terkait, mengenai lokasi dan waktu terjadinya belum bisa diketahui.

"Benar itu mobil damkar Pemerintah Kabupaten Pati yang menabrak sejumlah motor. Namun, setelah diklarifikasi, tidak ada yang ingat kejadian kapan dan di mana. Hal ini mengingat kejadian kebakaran di Kabupaten Pati banyak dan hampir setiap hari," kata Hadi saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel, Minggu (3/11/2019) malam.

Baca juga: Petugas Damkar Selamatkan Dua Kucing yang Terjebak di Dalam Pipa

Menurut Hadi, dalam keadaan darurat, tertabraknya sejumlah motor oleh truk damkar di jalan yang sempit rentan terjadi menyusul banyak warga yang berkerumun hingga parkir sembarangan yang berujung menghambat laju truk damkar.

Padahal, sesuai prosedur, sudah ada peringatan dari kendaraan damkar supaya diberikan prioritas untuk melintas.

"Mobil damkar sudah kami lengkapi dengan peralatan standar antara lain sirene dan lampu sebagai peringatan agar diberikan prioritas jalan. Tapi, kami sudah memberikan pembinaan kepada petugas damkar supaya berhati-hati saat bertugas," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com