KILAS DAERAH

Ridwan Kamil: Jawa Barat Harus Menjadi Provinsi Pariwisata

Kompas.com - 02/11/2019, 18:06 WIB
Karnaval Budaya dalam pembukaan West Java Festival 2019 sebagai acara puncak hari jadi Pemprov Jabar di Jalan Diponegoro, Sabtu (2/11/2019). Dok. Pemdaprov JabarKarnaval Budaya dalam pembukaan West Java Festival 2019 sebagai acara puncak hari jadi Pemprov Jabar di Jalan Diponegoro, Sabtu (2/11/2019).

KOMPAS.com – Salah satu visi Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil adalah menjadikan Jabar sebagai Provinsi Pariwisata merupakan s

“Saya berkomitmen Jawa Barat harus menjadi Provinsi Pariwisata,” ujar Emil (sapaan akrab Ridwan Kamil) saat membuka West Java Festival (WJF) 2019 di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (2/11/2019), seperti dalam keterangan tertulisnya.

Pasalnya, kata Emil, jika industri wisata tumbuh akan banyak lapangan pekerjaan. Peluang untuk berbisnis pun terbuka. Masyarakat bisa membuka warung atau menawarkan jasa penginapan.

“Ini membuat kesempatan bagi semua orang Dari kelas kecil sampai kelas besar, dari tukang parkir hingga konglomerat, semua punya peluang,” lanjut Emil.

Baca juga: Atasi Kawasan Kumuh, Pemdaprov Jabar Anggarkan Rp 10 Miliar

Ridwan Kamil pun menegaskan jika pariwisata harus jadi lokomotif ekonomi Jawa Barat karena potensinya sudah ada.

“Industri wisata bisa menumbuhkan dan memberikan kesejahteraan multidimensi kepada masyarakat,” lanjut Gubernur Jabar itu.

Terlebih, lanjut dia, Jawa Barat dikunjungi 60 juta wisatawan domestik setiap tahun. Kebanyakan dari mereka datang untuk menikmati alam.

Langkah konkret Kang Emil tidak hanya mengembangkan obyek wisata yang sudah ada. Pihaknya juga mencari sejumlah obyek wisata tidak populer di Jawa Barat untuk dikembangkan.

Baca juga: Ridwan Kamil Bakal Gelar Kejuaraan Mengingat Tingkat Provinsi

Selain memperbaiki infrastruktur dan promosi, telah disiapkan pula anggaran sekitar Rp 500 miliar yang dibagi untuk event dan wisata kota.

“Untuk wisata pantai, kami siapkan Rp 80 miliar untuk memperbaiki infrastruktur seperti membuat breakwater agar wisatawan bisa berenang,” kata Emil.

Ia melanjutkan, tahun depan akan ada penerbangan sampai ke kawasan wisata Pantai Pangandaran.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X