Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gagal Berpasangan dengan Nurdin Basirun, Soerya Tetapkan Diri Berpasangan dengan Plt Gubernur Kepri

Kompas.com - 02/11/2019, 10:15 WIB
Hadi Maulana,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Ketua DPD PDI Perjuangan Kepulauan Riau (Kepri) Soerya Respationo beri sinyal kuat untuk maju pemilihan gubernur (Pilgub) Kepri 2020 mendatang.

Hal yang lebih mengejutkan, Soerya memastikan bahwa dirinya akan didampingi oleh Isdianto, yang saat ini sedang menjabat Plt Gubernur Kepri.

"Jujur, sebenarnya saya sudah ada kesepakatan dengan Gubernur Kepri nonaktif, Nurdin Basirun untuk mendampingi beliau di Pilgub nanti. Tapi karena beliau tersandung masalah, Insya Allah saya bersama Pak Isdianto, mohon doa restu dan dukungannya," kata Soerya usai menghadiri kegiatan di Kadin Kepri, Jumat (1/11/2019) siang kemarin.

Baca juga: Ambil Formulir di DPD Golkar, Wali Kota Batam Pastikan Maju Pilkada Kepri 2020

Dengan pernyataan tersebut, Soerya menegaskan akan menjadi kandidat calon Gubernur Kepri, sedangkan Isdianto akan mendampinginya sebagai calon Wakil Gubernur.

Dirinya juga mengatakan, ia dan Isdianto telah melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi kabinet Indonesia Baru, Halim Iskandar beberapa waktu lalu. Dan keduanya mendapatkan dukungan penuh dari PKB.

"PKB menyampaikan dukungan penuhnya kepada kami," papar Soerya.

Baca juga: Ketua Golkar Kepri Maju Pilgub 2020 Melalui Penjaringan Gerindra

Soerya mengaku dirinya bersama Isdianto telah mengamankan tiket pencalonan Pilgub 2020 dengan perhitungan yang matang.

Dimana sesuai aturan perundang-undangan, calon harus didukung oleh 20 persen dari anggota DPRD Kepri yang ada. Dan total anggota itu ada 45 orang, artinya jika dikali 20 persennya hanya 9.

"Sementara, jika ditotal kursi milik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai pengusung utama ditambah PKB di DPRD Provinsi Kepri, maka mencapai angka 11. Sudah memenuhi tiket," jelasnya.

Baca juga: Mantan Gubernur Ismeth Abdullah Daftar Cagub Kepri 2020 via Golkar

Di tempat yang sama, Isdianto menyatakan komitmennya pada Kadin untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah setempat minimal 7 persen kedepannya.

"In sya Allah Pak Soerya dan saya akan membuat pertumbuhan ekonomi di Kepri kedepannya di atas 7 persen," pungkasnya.

Kompas TV Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang juga politisi Partai Nasdem, Johnny G.Plate, membenarkansetelah bertemu PKS, akan ada pertemuan antara Nasdem dan PAN. Bahkan, selanjutnya Nasdem menjadwalkan pertemuan dengan Demokrat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com