Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Dapat 444 Formasi CPNS, Pemkab Bojonegoro Sebut Belum Sesuai Harapan

Kompas.com - 02/11/2019, 08:34 WIB
Hamzah Arfah,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

BOJONEGORO, KOMPAS.com - Sama dengan beberapa daerah lain di Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, juga sudah menerima formasi untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Dalam surat edaran resmi yang sudah diterima oleh Pemkab setempat, diketahui bahwa untuk seleksi CPNS kali ini Kabupaten Bojonegoro mendapat sebanyak 444 formasi.

Ketentuan tersebut dianggap belum memenuhi harapan Pemkab Bojonegoro, sehingga mereka sedang berupaya untuk bernegoisasi atas keputusan tersebut.

Baca juga: Kemenkumham Buka 3.532 Formasi CPNS 2019 untuk Lulusan SMA, Ini Perinciannya...

"Untuk surat edaran memang sudah kami terima, ada sebanyak 444 formasi. Hanya untuk rincian, ini yang masih coba kami koordinasikan dengan pihak KemenPAN-RB, sebab ada beberapa poin yang kami anggap kurang sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Ibu Bupati," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Pemkab Bojonegoro, M Aan Syahbana, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (1/11/2019).

"Komposisinya memang sudah ada, tapi kami coba mengajukan revisi perubahan. Revisi inilah yang sedang kami tunggu, sebab belum ada keputusan dari pihak KemenPAN-RB," ucap dia.

Aan menjelaskan, pihaknya sudah berkirim surat resmi kepada KemenPAN-RB terkait usulan tersebut.

Baca juga: Pemkab Tuban Dapat 349 Formasi CPNS 2019

Namun, hingga saat ini, pihaknya belum mendapat kabar kejelasan dari pihak yang berwenang dalam hal ini, yakni KemenPAN-RB.

"Tapi kan tanggal 11 November sudah mulai pendaftaran, jadi kita akan coba menunggu hingga pekan depan. Semoga akan segera ada kejelasan, sebab kabarnya masih dalam tahap pembahasan di kementerian," kata dia.

Pihaknya berharap akan mendapat revisi atau tambahan di beberapa formasi yang dianggap cukup dibutuhkan oleh Pemkab Bojonegoro dalam memajukan daerahnya, seperti tenaga teknis dan IT.

Baca juga: Ini Dia, Kisi-kisi Resmi 3 Tes SKD CPNS 2019 Berdasarkan PermenPANRB

"Untuk rincian sementara, paling banyak itu tenaga pendidikan dan kesehatan. Tapi kami menginginkan, tenaga teknis dan IT itu bisa ditambah, sebab kami cukup perlu tambahan di situ, lebih-lebih tenaga IT," pungkasnya.

Sesuai dengan surat edaran resmi KemenPAN-RB, untuk proses pendaftaran direncanakan bakal mulai dilaksanakan pada 11 November 2019 secara online.

Sementara Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) direncanakan berlangsung pada Februari 2020, dan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) pada Maret 2020.

Kompas TV Pemerintah akan membuka pendaftaran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS, pada 11 sampai 24 November 2019 mendatang. Selain syarat dokumen yang dipangkas menjadi lebih sederhana, tahun ini foto selfie atau swafoto, kembali menjadi salah satu syarat pendaftaran seleksi CPNS.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com