Cerita Warga Pedalaman Ende Cari Sinyal Harus Jalan Kaki 1 Km

Kompas.com - 01/11/2019, 08:16 WIB
Foto : Kepala Desa Desa Detuwulu, Kecamatan Marole, Kabupaten Ende, Flores, NTT, Donbosko Kami saat diwawancara Kompas.com, Kamis (31/10/2019) KOMPAS.COM/NANSIANUS TARISFoto : Kepala Desa Desa Detuwulu, Kecamatan Marole, Kabupaten Ende, Flores, NTT, Donbosko Kami saat diwawancara Kompas.com, Kamis (31/10/2019)

 

ENDE, KOMPAS.com-Warga Desa Detuwulu, Kecamatan Marole, Kabupaten Ende, Flores, NTT hingga kini belum menikmati jaringan telepon. 

Jika hendak menelepon ke luar, warga harus berjalan kaki sejauh 1 kilometer menuju tempat yang dapat sinyal telepon.

Kepala Desa Detuwulu Donbosko Kami mengatakan, hingga saat ini desanya masih sangat terisolasi karena tidak ada sinyal telepon. 


Ia mengaku sangat susah memeroleh informasi setiap ada pemberitahuan penting dari dinas. 

Baca juga: Sebelas Pulau Terluar Kini Terjangkau Sinyal Telepon Seluler

Kadang kala, informasi kegiatan yang diselenggarakan mendadak di kecamatan dan kabupaten jarang tidak ikut karena lambat dapat informasi. 

"Pak Presiden tolong, kami di sini sangat susah sinyal. Kami sangat membutuhkan sinyal telepon pak. Tolong merdekakan kami dari keterisolasian," ungkap Donbosko kepada Kompas.com, di kota Ende, Kamis (31/10/2019). 

Ia mengatakan, di desanya itu banyak fasilitas umum seperti sekolah, puskesmas, dan kantor desa yang sangat membutuhkan sinyal untuk menginput data. 

Baca juga: Di Desa Terpencil Ini, Umat Beragama Hidup Berdampingan, Gotong Royong Membangun Tempat Ibadah

Ia mengaku, warga sangat merindukan sinyal masuk desa itu agar bisa berkomunikasi dengan sanak keluarga dan berselancar di media sosial. 

"Warga desa saya itu kalau mau telepon harus jalan kaki 1 kilometer. Sekarang kan zamannya internet, kami sangat rindu bisa online di rumah tanpa harus jalan kaki," ungkap Donbosko.

Desa Detuwulu merupakan salah satu terpencil di Kabupaten Ende, Flores, NTT. 

Jaraknya 74 kilometer dari Kota Ende, ibukota Kabupaten Ende.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X