Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KAI Targetkan Tiap DAOP ada Satu Rail Clinic

Kompas.com - 31/10/2019, 14:46 WIB
Farida Farhan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia menargetkan setiap Daerah Operasi Kereta Api (DAOP) memiliki satu Rail Clinic. Tujuannya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Rail Clinic merupakan rangkaian gerbong KRD yang disulap menjadi klinik. Di dalamnya terdapat fasilitas medis seperti ruang pemeriksaan, ruang tunggu, apotik, juga laboratorium. Dalam rangkaian Rail Clinic juga terdapat Rail Library, gerbong yang disulap menjadi perpustakaan.

"Kita ingin satu DAOP satu Rail Clinic untuk lebih meningkatkan pelayanan," kata Deputi Executive Vice President (EVP) 1 Daerah Operasional 1 PT Kereta Api Indonesia Sofyan di sela pelayanan kesehatan gratis bagi warga Karawang di Klinik Kereta Api, di Stasiun Karawang, Kamis (31/10/2019).

Baca juga: Ratusan Warga Ikut Bhakti Sosial Rail Clinic di Stasiun Kradenan

Dalam pelayanan kesehatan tingkat pertama tersebut, kata Sofyan, pihaknya juga memberikan penyuluhan kesehatan tentang pola hidup bersih dan sehat, seperti Demam Berdarah Dengue (DBD), TBC, dan HIV.

Senior Manager Humas PT KAI DAOP 1 Jakarta memiliki enam unit Rail Clinic, tetapi yang sudah beroperasi baru empat unit. Rangkaian gerbong kesehatan tersebut beroperasi melayani masyarakat di Pulau Jawa dari Merak, Banten hingga Banyuwangi Jawa Timur.

Kali ini, Rail Clinic dan Rail Library singgah di Stasiun Karawang memberikan pengobatan gratis bagi warga sekitar. PT KAI juga membagikan kacamata minus kepada 60 siswa ekolah dasar dan membagikan 300 paket sembako gratis.

"Dalam kegiatan kali, kami menyiagakan 26 personel, terdiri dari 4 dokter umum, 1 dokter gigi, 1 bidan, 1 ahli mata/optik, 2 tenaga laboratorium, dan 17 perawat juga apoteker," kata Eva.

Baca juga: Antisipasi Erupsi Gunung Agung, PT KAI Siapkan Rail Clinic

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com