Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT DI Kirim Pesawat CN235-220 Pesanan Tentara Nepal ke Khatmandu

Kompas.com - 30/10/2019, 11:49 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Dirgantara Indonesia (DI) berhasil menyelesaikan pembuatan satu unit pesawat CN235-220 pesanan Nepalese Army (angkatan darat Nepal).

Sesuai dengan kontrak, setelah melakukan beberapa kali uji terbang, PTDI hari ini mengirimkan (ferry flight) pesawat tersebut ke Khatmandu, Nepal.

"Berdasarkan kontrak angkatan Darat Nepal Juni tahun 2017, alhamdulillah kita bisa selesaikan tepat waktu sehingga hari ini bisa kita deliver ke Khatmandu," kata Direktur Utama PTDI, Elfien Goentoro di sela kegiatan ferry flight di Hanggar Fixed Wing PTDI, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Rabu (30/10/2019).

Baca juga: Kembangkan PT DI, BJ Habibie Hasilkan Banyak Insinyur Spesialis

Lebih lanjut Elfien menambahkan, pesawat CN235-220 dikirim ke Khatmandu dengan cara diterbangkan oleh Kapten Esther Gayatri Saleh sebagai Test Pilot In Command dan Flight Instructor (juga bertindak sebagai Chief of The Mission), dan Kapten Ervan Gustanto sebagai kopilot.

"Rutenya Medan, Yangon, Dhaka, Khatmandu," jelasnya.

Selain untuk kebutuhan angkutan militer, pesawat CN235-220 pesanan Nepalese Army dengan daya angkut banyak penumpang ini dibuat untuk beberapa fungsi yang dapat digunakan untuk beberapa misi, mulai dari pengintaian, patroli maritim dan angkutan pasukan bersenjata.

Beberapa kelebihan Pesawat CN235-220 Military Transport Nepalese Army ini juga bisa berperan untuk Quick Change Configurations (Troop/Paratroop, VIP, Medical Evacuation, Passanger dan Cargo).

"Memang Nepalese Army ini pesan dengan beberapa tipe. (Komponen ) untuk beberapa tipe itu sudah kita kargokan," ucapnya.

Program ekspor pesawat CN235-220 Military Transport untuk Nepalese Army ini, lanjut Elfien, sebagian modal kerjanya didanai oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank dengan skema National Interest Account (NIA).

Baca juga: Sejumlah Maskapai Naksir Pesawat N219 Racikan PT DI

Penggunaan skema NIA dari LPEI atau Indonesia Eximbank ini merupakan penugasan khusus dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia, untuk penyediaan pembiayaan ekspor pesawat udara, di mana LPEI atau Indonesia Eximbank juga turut mendukung PTDI dalam melakukan penetrasi pasar di kawasan Afrika dan Asia Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com