5 Napi Rutan Wates Kabur Siang Bolong, Tiga Orang Langsung Tertangkap

Kompas.com - 27/10/2019, 22:06 WIB
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta, Krismono memberi keterangan atas pelarian lima narapidana dari Rumah Tahanan Negara Klas II B Wates, Kulon Progo. Krismono mengungkap ada keteledoran petugas dalam pelarian itu. KOMPAS.COM/DANI JULIUSKepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta, Krismono memberi keterangan atas pelarian lima narapidana dari Rumah Tahanan Negara Klas II B Wates, Kulon Progo. Krismono mengungkap ada keteledoran petugas dalam pelarian itu.

KULON PROGO, KOMPAS.com – Lima narapidana melarikan diri dari Rumah Tahanan Negara Klas II B Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Para narapidana itu kabur dengan cara melompat pagar yang terpasang kawat berduri dengan tinggi sekitar 4 meter. Ketika itu, hari masih siang bolong.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta, Krismono mengungkapkan, kelimanya kabur saat waktu shalat ashar, sekitar pukul 15.00 WIB.

“Saya datang untuk mengecek kebenarannya, mendapatkan keterangan dan melakukan tindakan-tindakan selanjutnya apa yang perlu dilakukan,” kata Krismono.


Krismono mengecek lokasi pelarian hingga meminta keterangan dari para petugas Rutan.

Krismono menerangkan, kelima napi kabur dengan cara masuk ke dalam gorong-gorong kamar mandi yang hanya selebar bahu, merusak jeruji sebesar genggaman tangan dengan kayu, melewati bawah pos jaga yang tidak dijaga sipir, lantas melompat pagar belakang yang berkawat duri.

Pelarian siang bolong itu seolah sangat mulus. Pasalnya, sipir yang seharusnya berjaga malah meninggalkan pos untuk menjalani shalat.

Para narapidana leluasa melarikan diri lewat bawah pos tersebut.

Kelima napi itu, yakni:

1. Abdul Azis (29) asal Magelang dengan masa kurungan 1 tahun 6 bulan karena kasus pencurian.

2. Sutristiyanto (41) asal Pekalongan dengan masa hukuman 2 tahun 6 bulan juga karena tindak perampokan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X