Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNPB Salurkan Bantuan Rp 2 Miliar untuk Korban Gempa Maluku

Kompas.com - 27/10/2019, 18:28 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Krisiandi

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali menyalurkan bantuan Rp 2 miliar untuk para pengungsi korban gempa bumi di Maluku.

Bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh Kepala BNPB Letjen Doni Monardo kepada Kepala BPBD Maluku, Farida Salamepssy, Kepala BPBD Kabupaten Maluku Tengah, Kepala BPBD Seram Bagian Barat dan Sekretaris Kota Ambon di aula korem 151 Binaya, Ambon, Minggu petang (27/10/2019).

Baca juga: Pembaca Kompas Salurkan Bantuan Kemanusiaan ke Pengungsi Gempa Maluku

Menurut Doni Monardo, bantuan itu merupakan donasi dari BPBD se indonesia serta pemerintah Bangka Belitung yang dikumpulkan secara sukarela pada acara malam dana saat Hari Pengurangan Risiko Bencana di Kota Pangkal Pinang beberapa waktu lalu.

Bantuan tersebut selanjutnya bakal dibagi rata kepada BPBD Provinsi Maluku, BPBD Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat dan BPBD Kabupaten Maluku Tengah masing-masing Rp 500 juta.

“Pada kesempatan ini pun saya sampaikan terima kasih keada pak gubernur Bangka Belitung  dan semua masyarakat Bangka Belitung yang ikut berpartisipasi dalam memberikan dukungan pada masyarakat Maluku yang terdampak bencana,” kata Doni.

Dana bantuan tersebut telah dikirim ke rekening BPBD Provinsi Maluku dan diharapkan dimanfaatkan dengan baik untuk kebutuhan para pengungsi di tiga kabupaten kota yang terdampak bencana gempa bumi.

Doni juga menginginkan agar bantuan tersebut dapat diperuntukan bagi warga yang ebnar-benar terdampak gempa sehingga dapat meringankan beban mereka di lokasi pengungsian.

“Semoga bantuan itu bisa digunakan dengan baik dan sebaiknya diprioritaskan untuk warga yang benar-benar terdampak gempa,” katanya.

Baca juga: Anak-anak Korban Gempa Maluku Sekolah di Tenda Darurat Beralaskan Daun Kelapa

Doni yang juga mantan Pandam XVI Pattimura ini tercatat sudah tiga kali berkunjung ke Kota Ambon setelah gempa bermagnitudo 6,8 mengguncnag Pulau Ambon dan sekitarnya.

Bahkan sehari setelah gempa terjadi Doni bersama rombongan langsung mengunjungi Ambon.

Setiap kali mengunjungi Ambon, Doni ikut membawa bantuan untuk masyarakat yang terdampak gempa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com