KILAS DAERAH

Pantai Barat dan Timur Pangandaran Direvitalisasi, Akan Jadi Seperti Apa?

Kompas.com - 27/10/2019, 17:12 WIB
Lokasi wisata Pantai Pangandaran. Dok. Pemdaprov JabarLokasi wisata Pantai Pangandaran.

KOMPAS.com – Pantai Barat dan Timur Pangandaran akan direvitalisasi. Upaya ini dilakukan Kabupaten Pangandaran untuk menjadi Kabupaten Wisata di Jawa Barat.

“Tujuan utamanya (revitalisasi) adalah membuat pengunjung nyaman dan pantainya bersih. Akan ada juga penambahan fasilitas,” kata Desainer Tim Revitalisasi Pantai Barat dan Timur Pangandaran, Dian Heri Sofyan menurut keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (27/10/2019).

Baca juga: Legislator PKS Sesalkan Insiden Ledakan Pipa Pertamina di Jawa Barat

Revitalisasi dimulai dengan merelokasi sekitar 1.300 Pedagang Kaki Lima (PKL) yang ada di sepanjang bibir Pantai Pangandaran.


Mereka nantinya akan menempati empat pasar khusus untuk PKL yang telah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran.

Perbaikan infrastruktur wisata

Berdasarkan desain wajah baru Pantai Barat dan Timur Pangandaran, nantinya akan ada jalur pedestrian yang lebih lebar dan nyaman.

Tak hanya itu, akan dibangun pula shower di tepi pantai, ikon baru, perbaikan drainase, dan menara pengawas pantai untuk meningkatkan keamanan.

Hal itu, imbuh Dian, merupakan kesepakatan Pemerintah Daerah (Pemdaprov) Jawa Barat dan Pemkab Pangandaran.

Baca juga: Sekolah Maritim Standar Internasional Akan Hadir di Patimban

Tujuannya adalah memberi ruang publik kepada wisatawan dan masyarakat, serta memudahkan akses ke pantai.

“Pengunjung setelah bermain pasir dan renang tentu ingin membersihkan badan, akan disediakan shower. Terus toilet diperbanyak. Nanti ada gazebo dan perbaikan drainase. Di pantai Timur ada penambahan ikon baru, bentuknya seperti perahu,” imbuh Dian.

Selain di darat, penataan imbuh dia, juga akan dilakukan di laut. Hal itu sesuai arahan Pemdaprov Jabar. Pihaknya akan membuat Break Water Tahap I.

Pertahankan ciri khas

Dian melanjutkan, studi literatur revitalisasi Pantai Barat dan Timur Pangandaran memang merujuk pada pantai-pantai Hawaii.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X