Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Polisi Jombang Beri Makan dan Cuci Muka ODGJ di Tepi Jalan

Kompas.com - 25/10/2019, 20:26 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Video yang menayangkan aksi polisi memberi makan dan membersihkan muka orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), tersebar melalui platform media sosial dan aplikasi WhatsApp, Jumat (25/10/2019).

Aksi polisi tersebut terekam dalam 3 video yang viral di sejumlah grup WhatsApp maupun sejumlah platform medsos.

Pada video pertama, tampak adegan seorang polisi mendatangi seseorang berpakaian lusuh yang duduk di sebelah pohon di tepi jalan. 

Pada tayangan video dengan durasi 01.13 menit tersebut, tampak polisi itu membukakan nasi bungkus yang dibawanya lalu menyerahkan nasi bungkus yang dibawanya.

Baca juga: Tekan Angka ODGJ, Wagub Jabar Tekankan Perlunya Tindakan Preventif

"Ayo dipangan (ayo dimakan), iki sambel e yo (ini sambalnya ya)," demikian kutipan dialog dalam video yang tersebar tersebut.

Diberi sebungkus nasi, sosok pria yang diidentifikasi sebagai ODGJ tersebut tampak senyam-senyum.

Lalu pada tayangan berikutnya, sosok pria itu menerima makanan yang diberikan kepadanya.

Pada video kedua berdurasi 0,39 menit, sosok pria ODGJ tampak masih berada pada posisi semula. Di tangannya tak ada lagi nasi bungkus.

Dalam video kedua ini, polisi dari kesatuan lalu lintas Polres Jombang ini membasuh muka ODGJ tersebut dengan air mineral.

Aksi berikutnya, terekam pada video ketiga. Pada video dengan durasi 30 detik tersebut, nampak polisi itu membersihkan muka sosok ODGJ menggunakan handuk.

Usai dibersihkan, wajah sosok ODGJ tersebut nampak lebih bersih. Senyumnya pun terus mengembang usia mukanya dibersihkan dengan handuk.

Saat berlangsung Operasi Zebra

Setelah ditelusuri, sosok polisi dalam tayangan video yang viral tersebut adalah Iptu Mulyani, Kepala Unit Turjawali Satlantas Polres Jombang, Jawa Timur.

Peristiwa dalam video berada di kawasan bundaran Ringin Contong Jombang, tepatnya di sebelah pos kawasan tertib lalu lintas milik Kepolisian Resor Jombang.

Baca juga: Pasien ODGJ dan Warga yang Dipasung di NTT Kini Dapat Kunjungan Rutin

Kronologinya, pada Jumat (25/10/2019) pagi sejumlah petugas sedang melaksanakan Operasi Zebra Semeru 2019 di kawasan Kota Jombang. Saat operasi sedang berlangsung, datang sosok ODGJ di sekitar petugas.

Sosok ODGJ itu kemudian duduk di samping pohon tak jauh dari lokasi operasi. Sembari tersenyum sendiri, sosok ODGJ itu terus mengamati pelaksanaan operasi.

Saat konfirmasi Kompas.com, Mulyani mengaku aksinya tersebut berlangsung spontan.

"Spontan saja, tidak ada niat atau maksud apa-apa. Tadi ya hanya tergerak untuk membantu saja, tidak peduli siapapun dia," kata Mulyani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com