Harapan Rektor Unpad untuk Mendikbud Nadiem Makarim

Kompas.com - 25/10/2019, 12:03 WIB
Rektor Unpad Rina Indiastuti saat ditemui usai pelantikan di Graha Sanusi Unpad, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Senin (7/10/2019). KOMPAS.com/DENDI RAMDHANIRektor Unpad Rina Indiastuti saat ditemui usai pelantikan di Graha Sanusi Unpad, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Senin (7/10/2019).


BANDUNG, KOMPAS.com - Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Rina Indiastuti mengomentari dipilihnya Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud).

Rina menilai, penunjukan Nadiem untuk menggenjot bidang inovasi dalam dunia pendidikan.

"Presiden tetunya punya pertimbangan. Saya sendiri melihat, mungkin karena ke depan (masa) era inovasi," ujar Rina saat dihubungi Kompas.com, Jumat (25/10/2019).

Baca juga: Jokowi Jelaskan Alasan Pilih Nadiem Makarim Jadi Mendikbud


Menurut Rina, inovasi memang perlu diperkuat, khususnya oleh perguruan tinggi.

Di sisi lain, pihak kampus harus mempersiapkan mahasiswa dan lulusan yang bisa berperan aktif di dalamnya.

Berbagai cara misalnya dengan pembelajaran digital, inovasi karya mahasiswa, mengasah kemampuan dan prestasi mahasiswa, hingga upgrade kompetensi digital dosen.

Rina berharap, Nadiem bisa bersama-sama mewujudkan sumber daya manusia yang mumpuni dimulai dari mahasiswa di perguruan tinggi.

Dua Induk

Hanya saja, menurut Rina, dengan berpindahnya perguruan tinggi ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), kampus kini memiliki dua induk.

Induk pertama adalah Kemendikbud. Induk kedua adalah Kementerian Riset dan Teknologi di bawah kepemimpinan Bambang Brodjonegoro.

Sebab, salah satu tridarma perguruan tinggi adalah penelitian.

"Tapi itu bukan masalah. Hanya repot di awal untuk beradaptasi," tutur Rina.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X